banner 130x650

Enam Perusahaan di Kotim Mendapatkan PROPER MERAH, Apa Tindakan Tegas Pemda Kotim?

Proper

PROPER adalah Penilaian Peringkat Kinerja Penaatan dalam Pengelolaan Lingkungan mulai dikembangkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup

PROPER merupakan Public Disclosure Program for Environmental Compliance (Program Penilaian peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan).

PROPER bukan pengganti instrumen penaatan konvensional yang ada, seperti penegakan hukum lingkungan perdata maupun pidana. Program ini merupakan komplementer dan bersinergi dengan instrumen penaatan lainnya. Dengan demikian upaya peningkatan kualitas lingkungan dapat dilaksanakan dengan lebih efisien dan efektif.

PROPER merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah, untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundangan-undangan.

Selanjutnya PROPER juga merupakan perwujudan transparansi dan demokratisasi dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia. Penerapan instrumen ini merupakan upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk menerapkan sebagian dari prinsip-prinsip good governance (transparansi, berkeadilan, akuntabel, dan pelibatan masyarakat) dalam pengelolaan lingkungan.

BACA JUGA :  Kebakaran Lahan HMBP Karena Faktor Alam, Perusahaan Mengalami Kerugian

Di dalam penilaian PROPER, perusahaan akan memperoleh reputasi/citra sesuai dengan pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Citra tersebut dinilai dengan 5 warna, yaitu emas, hijau, biru, merah, dan hitam. PROPER terbaik ditandai dengan warna emas yang berarti perusahaan tersebut telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan kontinu.

Sebaliknya, bila sebuah perusahaan berhasil mendapatkan warna hitam sebanyak dua kali berturut-turut, maka perusahaan tersebut bisa dituntut dan usahanya akan dihentikan.

Proper Merah

Di Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah ada Enam (6) Perusahaan mendapat penilaian PROPER MERAH yang dikeluarkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Tahun Desember 2023.

BACA JUGA :  Sampah atau Limbah Rumah Tangga, Ini Tips Agar Tak Mencemari Lingkungan

Dari Enam (6) Perusahaan tersebut 3 (Tiga) baru tahun ini mendapatkan Nilai PROPER MERAH dan 3 (Tiga) lainnya mendapatkan PROPER MERAH Satu Tahun Lebih atau Tahun Yang Kedua.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin (Kotim) sesuai dengan ketentuan Permen LHK Nomor 1 Tahun 2021 apabila ditemukan suatu kondisi perusahaan ditetapkan sebagai perusahaan dengan peringkat PROPER MERAH dan HITAM , maka dapat berlaku ketentuan Pasal 47 dan 48 Permen LHK Nomor 1 Tahun 2021, yakni pembinaan untuk memperbaiki kinerja ketaatan peserta proper dalam waktu paling lama 3 (tiga) bulan sejak penetapan peringkat proper, atau penegakan hukum terhadap perusahaan tersebut.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca