banner 130x650

5 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Bulan Ramadan

OlahRaga

Saat Berpuasa, olahraga yang direkomendasikan adalah olahraga dengan intensitas ringan dan pendinginan dengan durasi total maksimal 45 menit.

Olahraga intensitas ringan adalah olahraga dengan kecepatan yang nyaman dan denyut nadi yang stabil. Biasanya untuk meningkatkan mood dan kebugaran tubuh. Beberapa contoh olahraga intensitas ringan antara lain

Berjalan kaki
Berjalan kaki termasuk olahraga low-impact yang bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa berjalan di atas treadmill, di taman, di trotoar, di mal, termasuk juga berjalan kaki dari parkiran mobil ke dalam toko. Dengan berjalan kaki, kamu juga memperkuat sistem kardiovaskular, yang mana mampu meningkatkan performa jantung dan paru-paru.

Olahraga

Berenang
Baik berenang maupun berjalan kaki, kedua bentuk olahraga ini ternyata dapat mengurangi stres. Selain itu, saat berenang, tubuh kita akan melatih otot-otot di kaki, punggung, lengan, bahu, dan dada. Kamu akan menggunakan seluruh tubuh ketika berenang, mulai dari bagian atas hingga bawah. Dibandingkan jenis olahraga lain, berenang juga relatif lebih aman, karena risiko cedera yang lebih sedikit.

BACA JUGA :  Mengenal Istilah Flexing, Mari Mengetahui Penyebab dan Cara Menghindarinya

Bersepeda
Bersepeda di bulan puasa merupakan olah tubuh yang cocok untuk pemula. Apalagi, rutin bersepeda dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh dan kolesterol. Bersepeda meningkatkan fungsi tubuh bagian bawah secara keseluruhan dan memperkuat otot kaki tanpa membebani persendian, seperti paha dan betis. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidak banyak bergerak pun bisa mendapat manfaat kesehatan dari bersepeda, jadi olahraga jenis ini dapat menjadi awal yang bagus untuk pemula yang ingin mulai berolahraga.

Tai-Chi
Tai-chi bisa dilakukan bagi semua kelompok usia, karena gerakannya yang tidak terlalu menuntut seperti bentuk aktivitas fisik lainnya. Salah satu gerakan tai-chi terbaik disebut juga sebagai “Energy to the Sky”. Caranya, berdiri lalu angkat dan luruskan kedua tangan setinggi dada, lalu tekuk masing-masing lengan ke arah dalam sampai telapak tangan menghadap ke bawah. Kemudian, atur napas lalu mengangkatnya ke atas kepala. Jika sudah, turunkan kedua tangan sambil menghembuskan napas perlahan.

BACA JUGA :  Bullying: Pengertian, Bentuk dan Dampaknya. Apa itu Bullying?

Yoga
Manfaat tai-chi dan yoga hampir sama. Keduanya sama-sama melatih otot dan keseimbangan tubuh. Kamu juga bisa mulai mengikuti kelas yoga yang didampingi oleh instruktur. Salah satu pose yoga klasik untuk pemula adalah “The Child Pose”, yang dapat membantu meredakan sakit punggung. Gerakannya pun sederhana, dimulai dengan posisi berlutut di lantai dengan jari-jari kaki rapat. Kemudian, turunkan badan ke arah lutut sambil bernapas perlahan. Lalu, regangkan tubuh ke depan dengan bahu rileks, dan pertahankan pose ini selama 30 detik – beberapa menit.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca