banner 130x650

Cegah Karhutla, DPRD Seruyan Sarankan Pemkab Libatkan Masyarakat

Seruyan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Dapil III, Koling Irawan menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, agar memberdayakan masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Koling menyampaikan, keterlibatan masyarakat sangat penting dalam membantu pemerintah Seruyan dalam mencegah dan menangani terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Karena, dengan adanya keterlibatan masyarakat ini, maka pemerintah akan lebih terbantu dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang apabila terjadi akan menimbulkan dampak lebih luas.

Baca Juga :

Ketua DPRD Seruyan : Program Ketahanan Pangan Harus Terus Ditingkatkan

“Memberdayakan masyarakat sekitar dalam mencegah terjadinya karhutla sangat penting dilakukan. karena merekalah yang akan menjadi garda terdepan untuk mencegah terjadinya kebakaran,” kata Koling, pada Minggu, 2 April 2023.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Seruyan Inginkan Pramuka Masuk Dalam Kurikulum Pembelajaran

Selain itu, masyarakat perlu diberikan peralatan berupa alat pemadam kebakaran dengan pelatihan keterampilan dalam penanggulangan dan pencegahan karhutla.

Baca Juga :

Nah!! Unsur Pimpinan DPRD Seruyan Surati RSPAD Jakarta

Menurut Kaling langkah ini sangat tepat karena apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka masyarakat sudah bisa mengatasi dan mencegah serta memadamkan kebakaran tersebut.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Seruyan Minta Masyarakat Perhatikan Kelayakan Dermaga Sungai Sepanjang Daerah Aliran Sungai

“Alat pemadam kebakaran perlu disediakan di setiap desa, dan pelatihan keterampilan untuk penanganan dan pencegahan karhutla itu juga harus, agar masyarakat bisa mempraktikannya secara langsung dilapangan,” pungksnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca