banner 130x650

DPRD Kotim Inginkan Pengadaan Bibit Tanaman Pemulihan Sektor Perkebunan

Kotim
Foto : H. Abdul Kadir - Sekretaris Komisi IV DPRD Kotim

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotim, H Abdul Kadir mendorong pemerintah untuk memberikan perhatian khusus terhadap kelompok tani yang ada di daerah Kotawaringin Timur, terutama petani karet dan rotan yang semakin melemah.

H Abdul Kadir, Anggota DPRD Kotim menyebutkan bahwa program pengadaan bibit tanaman, karet dan rotan dapat membantu perekonomian masyarakat dan memperbaiki kerusakan alam yang terjadi akibat pembukaan lahan.

“Saya anggap pemerintah kurang memperhatikan sektor perkebunan karet, rotan, dan sejenisnya. Padahal dengan program pengadaan bibit, salah satunya adalah upaya agar masyarakat memanfaatkan lahan,” jelas Abdul Kadir pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Menurutnya, program pengadaan bibit tanaman juga dapat membantu mempertahankan sisa hutan yang semakin menipis di wilayah Kotim. Dalam sistem budidaya tanaman rotan, tidak sembarangan pohon ditebang, bahkan jumlah pohon ditambah sebagai wadah untuk tumbuhnya tanaman merambat tersebut.

Baca Juga :

DPRD Kotim Ingatkan Pentingnya Kebersihan di Tempat Rekreasi Wisata

Oleh karena itu, rotan merupakan tanaman budidaya yang tidak akan menghilangkan sisa hutan yang ada, sambil memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Kirab Setahun Jelang Pemilu, Pemkab Kotim Dukung Kolaborasi Sosialisasi Tahapan Pemilihan

“Dalam jangka panjang, kita perlu menjaga keberlangsungan hidup sektor perkebunan. Program pengadaan bibit tanaman tidak hanya untuk mempertahankan sisa hutan, tapi juga membantu meningkatkan pendapatan petani karet dan rotan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Kukuhkan Pengurus KORMI 2019-2024, Ini Harapan Bupati Kotim

Abdul juga berharap program ini dapat diimplementasikan segera oleh pemerintah, agar sektor perkebunan di Kotim dapat pulih dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya program pengadaan bibit tanaman ini, sektor perkebunan dapat kembali bangkit dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat,” tutupnya


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca