banner 130x650

Gempa Bumi Magnitudo 4.7SR Sempat Guncang Kota Sampit !!!

Gempa
Foto : Gempa Bumi 4.7M Sempat Guncang Kota Sampit !!!

Masyarakat Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah dikagetkan dengan guncangan gempa 4.7 skala richter pada Senin, 30 Oktober 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantam Tengah memberikan informasi detail terkait gempa bumi yang terjadi pukul 01.21 WIB dini hari itu masih akan menjalar ke Kabupaten Seruyan, Katingan dan Lamandau dengan prakira hingga 03.30 WIB.

Joni masyarakat dari Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentaya Baru Ketapang menyebutkan gempa yang terjadi pada dini hari itu sempat membuat kampungnya terkejut.

“Gempanya benar terasa dengan gelombang bawah tanah yang cukup besar. Rumah juga sempat bergetar akibat gempa ini, harapnya menjadi pengingat kita bersama agar selalu waspada,” ujar Joni kepada MentayaNet.com pada Senin, 30 Oktober 2023.

BACA JUGA :  Event Bazar di Sampit Bertaburan, Oknum Jukir Liar Kian Merajalela

Gempa berkekuatan 4,7 Fenomena alam itu langsung menghebohkan sebagian besar warga yang masih terjaga. Bangunan sempat bergoncang akibat fenomena alam tersebut. Berdasarkan laporan resmi BMKG di media sosial resminya, gempa terjadi dengan magnitude 4,7 di 32 km Tenggara Kotim dengan kedalaman 10 km.

Gempa
Foto : Gempa Bumi 4.7M Sempat Guncang Kota Sampit pukul 01.21 WIB yang sontak menghebohkan

Sejumlah warga mengaku merasakan hebatnya getaran tersebut. Goncangan terjadi hanya sekitar 2-3 detik. Akibat guncangan gempa bumi yang dilaporkan dan dirasakan masyarakat akhirnya berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Ini gempa yang kian lama terjadi setelah di tahun 90-an kala itu. Semoga tidak akan pernah terjadi lagi di Kota Sampit,” tutupnya.

BACA JUGA :  Merinding! Ditemukan Mayat Perempuan Tenggelam di Sungai Keruing Kotim

Sementara itu, info resmi dari BMKG Kotim menyebutkan, gempa yang melanda Kotim bermagnitudo 4,6 dengan lokasi 2,31 LS, 112,92 BT, 24 kilometer tenggara Kotim dengan kedalaman 171 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan ke dalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tektonik yang baru saja terjadi, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca