banner 130x650

Pengaruh Teknologi dan Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Anak Zaman Sekarang

Teknologi
Photo : ilustrasi

Pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial membuat hal tersebut berpengaruh juga terhadap gaya hidup remaja zaman sekarang. Perkembangan teknologi ada sisi negatif dan sisi positifnya.

Apalagi bagi remaja yang tinggal di kota-kota besar, mereka lebih suka mengikuti trend pada masa sekarang contohnya seperti memakai pakaian ala-ala gaya barat atau bergaya seperti orang barat.

Remaja zaman sekarang selalu berkaitan dengan zaman dan teknologi. Mereka membeli barang yang mereka inginkan, bukan yang dibutuhkan.

Salah satu contohnya yaitu seperti membeli barang mahal yang tidak dibutuhkan atau barang bermerek yang hanya untuk dipamerkan saja dan meningkatkan gengsinya. Sehingga bagi seorang remaja di zaman sekarang gaya hidup merupakan gambaran bagi setiap orang yang mengenakannya dan menggambarkan seberapa besar nilai moral orang tersebut dalam masyarakat di sekitarnya dan bagaimana cara orang tersebut hidup.

Dengan perkembangan media sosial dan zaman yang semakin modern banyak merubah kehidupan pada zaman sekarang perkembangan kebutuhan hidup manusia yang dipicu oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami perubahan dari zaman ke zaman. Mereka juga memiliki kebiasaan buruk yang pada akhirnya berpengaruh dengan gaya hidup mereka sehari-hari. beberapa gaya hidup remaja masa kini.

Teknologi
Photo : Ilustrasi pengaruh teknologi dan media sosial.

Salah satu kebiasaan buruk zaman sekrang akibat dari perkembangan media sosial yaitu seperti:

1. Bangun tidur, hal pertama yang dicari adalah gadget Sebagian banyak dari remaja yang memiliki kebiasaan ini, walupun tidak semua, Padahal ini kebiasaan buruk yang perlu hindari.

2. Paling suka gaya-gayaan, cobain trend terbaru yang terkadang memaksa untuk mengikuti trend ini itu yang terkadang itu tidak cocok dan terkesan memaksakan. Dan harus pintar dalam memilah-milah yang cocok dan sesuai dengan kita.

3. Merek adalah segala-galanya di zaman yang sekarang serba modern, terlebih urusan teknologi. Memang bagus kita hidup di zaman yang serba maju. Tapi tidak bagus juga kalau lupa bahwa kita tetap harus hidup secara bersosial.

4. Susah untuk dinasehati, remaja zaman sekarang paling suka mengkritik tetapi tidak suka untuk dikritik balik, umur yang masih labil membuat remaja masa kini susah untuk dinasehati dan suka menolak masukan dari orang lain.

5. Anak zaman sekarang banyak yang manja. Pasti tak sedikit dari mereka yang merasa bahwa anak zaman sekarang lebih manja. Apalagi dalam dunia kerja, dikit-dikit suka ngeluh karena capek, kerjaan terlalu banyak, dan seterusnya.

Tetapi gaya hidup anak remaja masa kini memang jauh lebih maju, terbuka dibandingkan dengan jaman dulu. Pola pikir, cara bertindak, dan cara berbicara pun sangat dipengaruhi oleh gaya hidup modern yang tidak lain adalah generalisasi budaya barat itu sendiri. Dan sisi-sisi positif gaya hidup modern tersebut tidak terbantahkan lagi.

Dibalik dampak positif yang diberikan oleh perkembanga zaman sekrangan, perkembangan teknologi juga memberikan dampak negatif yang tidak kalah bahayanya.

Dengan adanya tujuan untuk mengikuti perkembangan jaman sebagai bentuk gaya hidup itu, para remaja ingin menunjukkan bahwa mereka dapat mengikuti apa yang sedang tren dalam menunjang penampilan mereka dimuka publik.


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca