banner 130x650
1000x500

Sarapan Pagi Penting Ga Sih Bagi Kesehatan? Yuk Simak!

Sarapan Pagi
Photo : Ilustrasi wanita sedang sarapan pagi

Sarapan pagi adalah salah satu kebiasaan yang sering diabaikan oleh banyak orang. Beberapa alasan yang sering muncul adalah kurangnya waktu, kurangnya selera makan pagi, atau bahkan anggapan bahwa melewatkan sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, bila kita melihat lebih dalam, sarapan pagi memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan, terutama jika dimulai sejak dini. 

Manfaat sarapan pagi telah didukung oleh banyak penelitian dan artikel yang membahas mengenai kesehatan. Menurut sumber yang diberikan, seperti hellosehat.com, health.kompas.com, alodokter.com, dan honestdocs.id, sarapan pagi memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan.

Sarapan pagi memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari. Setelah berpuasa semalaman, tubuh membutuhkan asupan nutrisi dan energi untuk berfungsi dengan baik. Dengan sarapan pagi yang seimbang, tubuh mendapatkan pasokan energi dari karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat yang terdapat dalam makanan. Hal ini membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan produktivitas kita sepanjang hari.

Selain itu, sarapan pagi juga membantu menjaga berat badan yang sehat. Banyak orang yang mengira bahwa melewatkan sarapan dapat membantu menurunkan berat badan, namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mereka yang sarapan memiliki kecenderungan lebih rendah untuk mengalami obesitas dan kelebihan berat badan. Hal ini karena sarapan dapat mengontrol nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil secara berlebihan di waktu selanjutnya.

Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan merupakan bekal energi tubuh untuk beraktivitas seharian. Oleh karenanya, menu sarapan pagi yang Anda konsumsi sebaiknya kaya akan gizi, seperti karbohidrat kompleks, protein, vitamin, cairan, lemak, serta serat.

BACA JUGA :  Terungkap! Bawang Merah Ternyata Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Selain itu, perhatikan juga porsi sarapan yang cukup. Dalam satu piring sarapan idealnya mengandung 1/4 porsi karbohidrat, 1/4 porsi lauk, serta 1/2 porsi buah dan sayur. Dengan begitu, beberapa manfaat sarapan pagi berikut ini bisa Anda dapatkan secara maksimal.

Baca Juga :

Menakjubkan! Ternyata Berdiri Memiliki Berbagai Manfaat Bagi Kesehatan

1. Memasok Energi untuk Beraktivitas Sepanjang Hari

Karbohidrat yang terkandung dalam sarapan pagi dapat memasok energi bagi tubuh. Dengan pasokan energi ini, tubuh akan memiliki stamina untuk menjalani hari.

Selain itu, karbohidrat juga turut membantu mengembalikan kadar glukosa yang menurun ketika kita sedang tertidur. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, kebutuhan glukosa di dalam tubuh tidak bisa terpenuhi. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lemas.

2. Bantu Jaga Berat Badan Ideal

Banyak yang belum sadar bahwa sarapan pagi secara rutin dapat membantu mengontrol berat badan. Pasalnya, melewatkan sarapan pagi akan membuat perut keroncongan di siang hari yang dapat meningkatkan nafsu makan. Hal itu tentu memberikan dampak yang kurang baik, terutama jika Anda dalam program diet.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Melewatkan sarapan di pagi hari rupanya dapat membuat seseorang lebih sulit untuk berkonsentrasi, baik saat bekerja ataupun belajar di sekolah. Kondisi ini terjadi karena otak tidak mendapat cukup glukosa untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Hal itu tentu akan menyebabkan pekerjaan harian terasa lebih berat. Begitu pun dengan anak sekolah, mereka akan lebih sulit fokus dalam mencerna pelajaran.

BACA JUGA :  Wow! Ternyata Ini Keuntungan Mengkonsumsi Bawang Putih

Penelitian berjudul “Breakfast habits, nutritional status, body weight, and academic performance in children and adolescents”menunjukkan bahwa anak kecil dan remaja yang rutin sarapan pagi cenderung memiliki performa akademis yang lebih baik daripada anak yang tidak terbiasa sarapan.

4. Menjaga Pola Makan

Manfaat sarapan pagi setiap hari akan membantu Anda memiliki pola makan yang lebih sehat. Pasalnya, sarapan akan membuat Anda terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi camilan tidak sehat di sela-sela waktu makan pagi dan siang.

Hal itu dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan oleh Lise Dubois berjudul “Breakfast skipping is associated with differences in meal patterns, macronutrient intakes and overweight among pre-school children”. Disebutkan bahwa anak-anak yang tidak terbiasa sarapan cenderung memilih makanan yang tidak bernutrisi dan lebih berisiko mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Maka dari itu, orang tua sebaiknya menyiapkan bekal sehat, seperti buah-buahan dan sandwich, untuk si kecil sarapan di pagi hari.

Sarapan Pagi
Photo : Ilustrasi menu sarapan pagi

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Bagi orang dengan kadar gula darah normal, rutinitas ini akan membantu mencegah kemungkinan resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

Sementara itu, sarapan di pagi hari juga berguna bagi penderita diabetes untuk mencegah terjadinya hipoglikemia atau kondisi ketika kadar gula dalam darah terlalu rendah. Itulah mengapa penderita diabetes sebaiknya tidak melewatkan sarapan pagi.

6. Mencegah Serangan Penyakit

Selain mencegah obesitas dan diabetes tipe 2, rutin sarapan pagi dengan mengonsumsi makanan sehat juga akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Perlu diketahui, orang yang sering melewatkan sarapan memiliki risiko lebih tinggi mengalami aterosklerosis.

BACA JUGA :  Kamu Mau Diet Tapi Bingung Caranya Gimana, Ini Solusinya

Penelitian berjudul “Prospective Study of Breakfast Eating and Incident Coronary Heart Disease in a Cohort of Male US Health Professionals” membuktikan bahwa pria yang melewatkan sarapan pagi berisiko 27% lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner. Penelitian ini melibatkan 26 ribu partisipan pria berusia 45–82 dan berlangsung selama 16 tahun.

7. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dalam Tubuh

Mengonsumsi makanan sehat saat sarapan pagi juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, seperti kalsium, serat, asam folat, zat besi, protein, dan vitamin B. Asupan protein yang cukup akan menciptakan rasa kenyang yang lebih lama hingga jam makan siang tiba.

Bahkan, nutrisi-nutrisi yang diperoleh dari sarapan pagi dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi tubuh yang kemungkinan tidak terpenuhi dari makan siang ataupun makan malam.

1135x1600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page