banner 120x600

6 Buah ini, Cocok Dikonsumsi Penderita Hipotensi atau Darah Rendah

BUAH

Ada beberapa jenis buah untuk darah rendah yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk mencegah dan mengatasi hipotensi.

Buah diyakini dapat mengontrol tekanan darah, buah untuk darah rendah juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bila kondisi kesehatan baik, tekanan darah juga bisa lebih stabil.

Hipotensi atau darah rendah merupakan kondisi ketika tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari dehidrasi hingga kurangnya asupan nutrisi tertentu, seperti folat

Penderita darah rendah dianjurkan untuk mengubah pola hidup agar tekanan darah dapat kembali normal. Caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari dan menerapkan pola makan sehat, salah satunya mengonsumsi buah untuk darah rendah.

Pilhan Buah untuk Darah Rendah

Kandungan nutrisi tertentu pada buah bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga penderita darah rendah dianjurkan untuk mengonsumsinya. Ada beberapa buah yang diketahui bisa mengatasi tekanan darah rendah, yaitu:

1. Semangka

Kekurangan cairan bisa menyebabkan volume darah dalam tubuh berkurang, sehingga berdampak pada menurunnnya tekanan darah. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi cairan yang cukup dan makan buah dengan kandungan air yang tinggi, salah satunya semangka.

Semangka mengandung 92% air dari total komponen di dalamnya dan juga nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium.

2. Jeruk

Jeruk menjadi salah satu pilihan buah untuk darah rendah karena di dalamnya mengandung folat yang cukup tinggi. Folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.

buah

Pasalnya, kekurangan darah merah atau anemia bisa saja memicu tekanan darah rendah sehingga konsumsi jeruk dipercaya mampu meminimalkan terjadinya hipotensi.

3. Bit

Sama halnya dengan jeruk, buah bit juga mengandung folat yang tinggi sehingga konsumsinya dapat membantu mengontrol tekanan darah. Dalam 1 cangkir atau 136 gram buah bit mengandung sekitar 148 mcg folat. Dengan mengonsumsi 1 cangkir buah bit, kebutuhan folat harian Anda pun sudah terpenuhi sebanyak 37%.

Baca Juga :

Takut Membuka Hati, Coba 5 Tips Menghilangkan Trauma dalam Percintaan

4. Zaitun

Buah zaitun termasuk dalam golongan buah yang dapat menaikkan tekanan darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita darah rendah. Manfaat buah zaitun ini berasal dari kadar sodium atau garam yang tinggi.

Namun, perlu dicatat bahwa konsumsi buah zaitun tetap harus dibatasi. Ini karena konsumsi makanan tinggi garam secara berlebih bisa membuat tekanan darah melonjak, sehingga berisiko menyebabkan hipertensi atau darah tinggi.

5. Pepaya

Pepaya juga mengandung folat yang cukup tinggi. Dalam 1 cangkir atau 140 gram pepaya, terkandung sekitar 53 mcg folat. Dengan begitu, konsumsi buah ini bisa memenuhi kebutuhan folat harian yang baik untuk mengontrol tekanan darah.

6. Stroberi

Penderita darah rendah perlu meningkatkan konsumsi buah yang mengandung air dan folat. Nah, stroberi menjadi salah satu buah yang mengandung air dan folat yang cukup tinggi, sehingga konsumsinya dapat menaikkan tekanan darah.

Kandungan air di dalam stroberi adalah 91%, sedangkan kandungan folatnya sekitar 69–170 mcg di dalam setiap 100 gram stroberi.

buah

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, darah rendah bisa disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan air dan kurangnya asupan nutrisi seperti folat. Jadi, buah yang bisa mengatasi darah rendah adalah buah yang mengandung air atau folat yang tinggi.

Buah lain yang kaya akan air, seperti blewah, melon, dan persik, juga baik untuk dikonsumsi penderita darah rendah. Begitu pula dengan buah yang kaya akan folat lainnya, seperti lemon, pisang, grapefruit, dan jeruk limau.

Baca Juga :

Apa Itu Serai dan Jahe, 15 Manfaat Rebusan Keduanya Ditambah Gula Merah Untuk Kesehatan

Buah-buah tersebut dapat pula Anda jadikan sebagai pilihan lain untuk mengatasi darah rendah. Selain mengonsumsi buah untuk darah rendah, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, seperti telur, daging, serta susu dan produk olahannya.

Sementara itu, konsumsi minuman berkafein atau minuman beralkohol perlu untuk dibatasi guna mencegah atau mengurangi gejala darah rendah.

Jika pola hidup sehat dan konsumsi buah untuk darah rendah sudah Anda terapkan tapi tekanan darah masih juga rendah dan membuat aktivitas terganggu, segera konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat melakukan pemeriksaan guna mengetahui penyebab hipotensi dan menentukan pengobatan yang tepat.

banner 120x600
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.