banner 130x650

Bupati Ingin Camat dan Kades Dapat Lebih Memperhatikan Kesehatan Warganya

Bupati

Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Halikinnor mengingatkan kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades) agar dapat memperhatikan kondisi dari kesehatan warga diwilayahnya masing-masing.

Hal tersebut disampaikan ketika melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan Teluk Sampit, tepatnya di Masjid Nurul Islam Desa Jaya Kelapa.

“Saya meminta kepada seluruh camat agar dapat mengerahkan kades hingga RT untuk dapat memperhatikan kondisi dari warganya. Jangan sampai ada warga kita yang mengalami sakit bertahun-tahun tapi tidak berobat karena alasan tidak mampu,” kata Bupati Kotim, Halikinnor, 21 Maret 2024.

Dirinya mengatakan bahwa, selama enam tahun terakhir Kotim telah menerapkan Universal Health Coverage (UHC), yaitu jaminan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat, dengan anggaran puluhan miliar setiap tahunnya. Program ini untuk masyarakat agar mendapat pelayanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah.

BACA JUGA :  Musrenbang Desa Bagendang Hilir Kecamatan MHU, Bahas RPJM Desa Tahun 2024-2030

Bupati

“Saya berharap agar program ini dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat, supaya tidak ada lagi warga Kotim yang sakit namun tidak berobat karena tidak mampu secara ekonomi. Saya juga ingin Camat dan juga Kades dapat membantu untuk sosialisasikan program ini ke masyarakat,” ucapnya.

Halikinnor juga meminta kepada Camat, Lurah, Kades hingga RT untuk mengawasi kondisi warga. Kalau ada warga yang miskin, tua renta dan tak lagi memiliki keluarga, supaya didata dan disampaikan ke pihaknya agar dapat diberikan bantuan. Karena dirinya tidak ingin ada warga yang kelaparan karena tidak mampu membeli beras.

BACA JUGA :  Bupati Kotim Tegaskan PPDB Harus Bersih dari Pungli

Melalui kegiatan Safari Ramadhan itu pula pihakya berupaya untuk dapat menyerap seluruh aspirasi dari masyarakat, sekaligus juga untuk menyampaikan program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, khususnya di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan Teluk Sampit tersebut.

Pemkab Kotim juga telah menyaluran beberapa bantuan yaitu fardhu kifayah, hibah untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) Assasul Mutagin Desa Parebok sebesar Rp100 juta, hibah untuk Masjid Nurul Islam sebesar Rp200 juta. 200 paket pasar murah dan gelar pangan murah, bantuan langsung 50 paket sembako gratis untuk warga lanjut usia dan penyandang disabilitas, serta bantuan untuk Panti Asuhan Sabilul Muttaqim.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca