banner 130x650

Camat Kotabesi Berjibaku Padamkan 34 Hektare Lahan Terbakar

Kotabesi
Foto : Gusti Mukafi, Camat Kotabesi saat berjibaku memadamkan api (Ist)

Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kotabesi turun berjibaku memadamkan kobaran api yang telah menyala selama 4 hari berturut-turut di kawasan Desa Hanjalipan, Kecamatan Kotabesi.

Gusti Mukafi, Camat Kotabesi menyebutkan pihaknya membantu pemadam kebakaran bersama Polsek Kotabesi dan Koramil setempat guna memadamkan api yang melahap puluhan hektar lahan sejak 30 Juli 2023 lalu.

“Kami bersama Forkopimcam Kotabesi telah melakukan cek dan membantu dilapangan di Desa Hanjalipan tepat dibelakang kampung,” ucap Gusti Mukafi kepada MentayaNet.com pada Rabu, 02 Agustus 2023.

Kotabesi
Foto : Camat Kotabesi saat membantu pemadam kebakaran di Desa Hanjalipan (Ist)

Dirinya menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Desa Hanjalipan sudah melalap sebanyak 34 hektare lahan kosong dibelakang kampung warga.

BACA JUGA :  Dinkes Kotim Selalu Siaga Jika Ada Warga Yang Sakit Akibat Banjir

Informasi yang telah dihimpun MentayaNet.com sebanyak 11 tangki pompa air telah diterjunkan untuk memadamkan lahan tersebut. Ditambah dengan 3 unit excavator dan lebih dari 70 orang personil telah dikerahkan.

Baca Juga :

Pemkab Kotim Komitmen Segera Perbaiki Jalan Kelurahan Parenggean

“Alhamdulillah sudah setengahnya telah dipadamkan. Kita juga turut bersyukur adanya curah hujan yang turun. Ini juga sebagai sarana membantu petugas yang sudah berjibaku selama 3 hari,” tambahnya.

Selain dari personil dan alat bantu yang tersedia, Camat mengapresiasi PT MAS turut membantu dalam upaya pemadaman api. Harapnya menjadi kepedulian untuk membantu petugas lainnya.

Baca Juga :

Pemkab Kotim Bagikan 40 Ribu Bendera Merah Putih, Semarakkan Kemerdekaan Indonesia ke-78

“Saya membantu langsung kelapangan dan baru sebentar saja sudah cukup terkuras. Apalagi para tenaga personil pemadam dan masyarakat yang sudah berlarut memadamkan api dari kemarin,” tutupnya.

BACA JUGA :  BPBD Kotim Mengimbau Masyarakat Untuk Waspada Banjir ROB

Kendati demikian, Gusti Mukafi mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan secara sengaja terutama di musim kebakaran. Hal ini selaras banyak titik pusat api yang mudah terbakar di lahan koson di Kabupaten Kotawaringin Timur.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca