banner 130x650

Irawati : Peringatan Hari Ibu Sarana Penyetaraan Gender

Hari Ibu
Foto : Wakil Bupati berikan sambutan pada rangkaian Hari Ibu ke-95 di TK Kemala Bhayangkari 18 Sampit (Kharisma)

Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 di TK Kemala Bhayangkari 18 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur diikuti ratusan Ibu turut didampingi anak mereka.

Dalam rangkaian Hari Ibu ke-95 tahun 2023 turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kotim, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Bunda Paud Se-kabupaten Kotawaringin Timur dan organisasi perempuan setempat.

Wakil Bupati Kotim, Irawati menyebutkan dalam sambutannya dirinya masih berupaya untuk menjadi Ibu yang baik untuk anak-anaknya. Pada dasarnya, dirinya yang selalu bekerja tanpa mengenal waktu. Hal itu membuat waktu bersama keluarga dinilai belum optimal.

Hari Ibu
Foto : Ny. Ririn Sarpani bersama Wakil Bupati Kotim (Kharisma)

“Karena saya bertugas sebagai Wakil Bupati, saya selalu melihat anak ketika dirinya sudah tidur. Bahkan sering meninggalkannya saat masih tidur,” tutur Irawati pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Ia menjelaskan bahwa jasa seorang ibu seperti pilar kehidupan untuk menopang perjalanan. Selain harus mengurus rumah tangga, seorang ibu dituntut untuk mengasihi, mendidik dan memberikan edukasi kepada anaknya.

BACA JUGA :  BPOM Palangka Raya Sidak Sejumlah Minimarket dan Toko Kue di Kotim

“Kepada ibu-ibu Bhayangkari yang merupakan istri dari seorang abdi negara. Maka perlu memaklumi kepada suami atas pekerjaannya dengan cara menjaga rumah tangganya dengan cara menjaga anak-anaknya,” tambahnya.

Hari Ibu
Foto : Bunda Paud di Kabupaten Kotawaringin Timur hadiri rangkaian Hari Ibu di TK Kemala Bhayangkari 18 Sampit

Wujud syukur sebagai perempuan yang diciptakan oleh Allah sebagai penunjang dalam hal apapun merupakan keberhasilan dan kemajuan. Kesetaraan gender menjadi salah satu hal yang masih jadi PR untuk semua kaum wanita guna menyelesaikan dalam lingkungannya.

“Kita pun perlu mengakui bahwa kesetaraan gender hingga kini masih merupakan isu besar agar permasalahan pada mindset yang diterjemahkan sebagai pola pikir dan produsen,” ujarnya.

Hari Ibu
Foto : Pemberian tali asih oleh Ny Ririn Sarpani

“Yang mana saya berpikir perempuan dan laki-laki itu sama. Mungkin yang berbeda dari segi pemikiran saja. Apabila diberikan pekerjaan harus dilakukan. Ibu memang hebat, pulang bekerja kita masih bisa belok ke pasar. Karena saya tahu kesukaan anak-anak makanannya. Saya harus beli dulu paling tidak saya membelikan biarpun orang lain yang memasaknya (pembantu),” tambahnya.

BACA JUGA :  Bupati Kotim Tegaskan Kepada ASN Agar Tidak Menggunkan Kendaraan Dinas Saat Mudik

Dari tinjauan MentayaNet.com, tema nasional perayaan hari ibu ke-95 “Perempuan Bergaya Indonesia Maju” tema tersebut dimaknai sebagai 2 hal. Sebagai statement penghargaan sekaligus pengakuan atas tempat kerja perempuan Indonesia. Kemajuan yang kita rasakan saat ini tidak terlepas dari kontribusi kaum perempuan yang bergaya.

Kedua, sebagai harapan sekaligus dorongan bahwa untuk mewujudkan Indonesia yang terus maju. Perempuan yang berdaya adalah keniscayaan bahwasanya perempuan berhak sekaligus wajib untuk bangkit tumbuh dan berkembang.

Hari Ibu
Foto : Wakil Bupati Kotim

Irawati mengajak agar bersama-sama terus kita perbaiki pola pikir dan pola kebiasaan terkait peran dan posisi perempuan. Terutama penghargaan perempuan terhadap dirinya sendiri, guna meningkatkan kesetaraan gender dengan takaran ideal kecapaian persamaan kedudukan hak kewajiban dan kesempatan antara kaum perempuan dan laki-laki.

“Hal ini perlu dilakukan agar menjadi mitra sejajar dalam seluruh aspek kehidupan. Mari terus berkarya menjadi sosok yang mandiri kreatif inovasi percaya diri terus tingkatan kualitas dan kapabilitas diri gandeng mereka yang masih tertarik nanti,” tukasnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca