banner 130x650

Keren! Festival Maulid Al-Habsyi PHBI Kotim 2023 Resmi Dibuka

12 grup Maulid Al-Habsyi tampil pada hari pertama

Kotim
Foto : Malam pembukaan Festival Maulid Al-Habsyi oleh PHBI Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kharisma)

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar lomba festival Maulid Al-Habsyi dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada 13-15 Oktober 2023 di panggung Taman Kota Sampit. 

Sebanyak 25 grup Maulid Al-Habsyi turut berpartisipasi dalam kegiatan yang diusung oleh PHBI Kotim. Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Polres Kotim, Anggota Kodim 1015/Sampit, Sekretaris Dewan DPRD Kotim dan Forkopimda lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Drs Fajrurrahman mengatakan malam ini penuh membahagiakan dan penuh berkah untuk Bumi Habaring Hurung. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur bertujuan untuk menggali bakat-bakat para peserta dalam seni budaya terutama di bidang Islam dan mempererat silaturahmi.

Festival
Foto : Forkopimda dan tamu undangan Festival Maulid Al-Habsyi di Taman Kota Sampit (Kharisma)

“Diharapkan dengan adanya kegiatan lomba Festival dapat dijadikan sebagai momen bagi umat Islam untuk selalu mengenang mempelajari lebih jauh dan beri contoh kedaulatan dari kehidupan Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW menjadi berita atau Nur yang mengingat kehidupan cahaya yang beliau pancarkan selain berisikan nilai-nilai keterbukaan akhlakul karimah akhlak yang mulia. Beliau menanamkan nilai-nilai kebenaran dan kesucian. Beliau mengajarkan nilai-nilai keutamaan agama Islam sebagai rahmatan lil alamin, rahmat bagi semesta alam,” ujar Drs Fajrurrahman dalam sambutan Bupati Kotim pada Jum’at, 13 Oktober 2023.

BACA JUGA :  Keren! Musda Muhammadiyah Kotim Dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Sampit

Maka dari itu, ia meminta dalam kegiatan Festival Maulid Al-Habsyi dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad 1445 Hijriah dapat diambil intisari untuk dijadikan pelajaran yang sangat berharga. Dalam perjalanan pengaruh kehidupan melaksanakan tugas dan kewajiban bermasyarakat dan bernegara.

Festival
Foto : Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Drs Fajrurrahman

Dari sorotan MentayaNet.com, Festival Maulid Al-Habsyi resmi di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Diketahui dirinya menyaksikan penampilan peserta Festival Maulid Al-Habsyi yang digelar PHBI Kotim dari awal hingga akhir bersama Forkopimda beserta jajaran pada Jum’at, 13 Oktober 2023.

BACA JUGA :  Kadisdik Kotim Tegaskan Agar Satuan Pendidikan Tidak Menambah Libur Bulan Ramadhan

“Saya sangat mengapresiasi karya syair habsyi yang digarap oleh peserta. Semuanya sangat luar biasa dan patut dilestarikan di seluruh majelis atau pengajian. Karena Festival Maulid Al-Habsyi memang banyak peminatnya,” tegasnya.

Kendati demikian, dirinya sangat mendukung kegiatan keagamaan di Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah lama dirindukan oleh banyak masyarakat. Hal ini selaras, agar perkembangan kegiatan keagamaan penyeimbang dari kegiatan lainnya.


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca