banner 130x650

Kirab Pemilu 2024 Kotim Dimulai, KPU Ajak Warga Tak Golput !

Kotim
Foto : KPU Kotawaringin Timur bersama seluruh Ketua KPU Se-Kalimantan Tengah pada penyerahan plakat kirab pemilu 2024 (Kharisma)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotim, Kalimantan Tengah mulai menggelar sosialisasi Pemilu 2024 selama 7 hari berturut-turut di daerah. Serah terima kirab tahun 2024, merupakan agenda 1 tahun menuju hari pemungutan suara.

Pergelara Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlangsung di halaman kantor KPU Kabupaten Kotim pada Senin, 29 Mei 2023 pukul 09.00 WIB. Dalam agenda ini dihadiri oleh Bupati Kotim, Sekda Kotim, Kapolres Kotim, Anggota Kodim 1015/Sampit, Asisten I Setda Kotim, Kejaksaan Negeri Kotim, Ketua KPU Se-Kalimantan Tengah, Seluruh Komusioner KPU Kotim, Bawaslu, Bakal Calon Legislatif perwakilan partai dan Forkopimda Kotim.

Ketua KPU Kabupaten Kotim, Siti Fatonah mengatakan event kirab ini dilaksanakan sebagai tanda dimulainya Daftar Calon Sementara (DCS). Kegiatan pemilu ini sebagai landasan bahwa bukan hanya milik penyelenggara saja, tetapi pemilu adalah milik dari seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga :

Resmi Daftar di KPU Kotim, Perindo Yakin Panen Kursi Pemilu 2024 !!!

“Kami harapkan semuanya bersinergi semuanya dapat bersatu padu. Jadikan kirab penyatu antar sesama penyelenggara pemilu dan elemen terkait. Selanjutnya bendera kirab pemilu akan diarak hingga kedesa-desa. Agar pemilu berjalan baik tahapan-demi tahapan sudah kita laksanakan,” ucap Siti Fatonah kepada MentayaNet.com pada Senin, 29 Mei 2023.

BACA JUGA :  Masyarakat Kotim Menanti Partai Gelora Mendaftarkan Ke KPU Kotim

Dirinya meminta dalam hal penyelenggaraan pemilu ditahun ini cukup banyak dinamika, ditegaskan pula kepada peserta pemilu agar menyikapi pemilu dengan baik. Awak media atau insan pers turut diajak bijak dalam bermedia sosial dan pemberitaan. bila tidak dikelola dengan baik maka merugikan semua elemen bangsa.

Kotim
Foto : KPU Kabupaten Seruyan mengestafetkan Kirab Pemilu di KPU Kotim (Kharisma)

Estafet kirab pertama kali dilakukan dari Provinsi Kalimantan Barat yang memasuki wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dimulai dari Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Timur yang digelar pada Senin, 29 Mei 2023.

BACA JUGA :  Mantan Senior Manager Kelapa Sawit Maju Sebagai Caleg Provinsi Kalteng, Ini Visi Misinya.....

Dari pantauan MentayaNet.com hadirnya kegiatan Kirab Pemilu 2024 ini bertujuan menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat agenda Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga :

KPU Resmi Lantik Anggota PPS Untuk Pemilu Tahun 2024

“Dalam proses penyelenggaraan pemilu mungkin mencoba mempengaruhi, saya minta rekan tetap berpegang pada azas pemilu, menjaga sikap netral. Paling penting menjaga keamanan dan ketentraman bersama. Kegiatan kirab ini pula akan di bantu dikawal oleh Polres Kotim beserta jajaran lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, wilayah pelosok di Bumi Habaring Hurung terutama di wilayah pilihan (Dapil) IV dan V akan dibantu sosialisasi yang melibatkan PPK dan PPS yang sebagai kepanjangan tangan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara secara umum.

Kotim
Foto : Forkopimda mendapatkan sovernir dari Suara Rakyat (Sura) dan Suara Pemilu (Sulu) oleh KPU Kotawaringin Timur (Kharisma)

Kendati demikian, pihaknya akan memulai Kirab Pemilu 2024 pada 04 Juni 2023 guna melakukan keliling di Kabupaten Kotim bersama perwakilan partai politik untuk bersama-sama melakukan penyebaran informasi terhadap pemilu tersebut. Ia mengharapkan kegiatan ii dapat menjadi upaya yang baik untuk di daerah untuk berkemajuan.

BACA JUGA :  Ketua KPU Pusat Digugat Rp70,5 Triliun, Dugaan Terima Pendaftaran Capres-Cawapres Prabowo dan Gibran

“Nantinya kami akan lanjutkan estafet ini ke Kabupaten Katingan, semoga berjalan baik dan lancar,” tutupnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca