banner 130x650
1000x500

Menuju Desa Mandiri, Pemdes Bagendang Tengah Kelola Lahan Sawit 10 Ha

Pemerintah Desa Bagendang Tengah gandeng PT Agro Bukit sebagai mitra

Desa
Foto : Camat Bagendang bersama Kades Bagendang Tengah saat melakukan penanaman kelapa sawit pertama kali (Kharisma)

Desa Bagendang Tengah (Ramban), Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengakomodir lahan seluas 10 Ha untuk dikelola bagi masyarakat setempat menanam bibit kelapa sawit.

Camat Mentaya Hilir Utara (MHU), Muslih menyebutkan bahwa lahan 10 Ha itu dibeli dari tanah masyarakat melalui Anggaran Pendapatan Badan Desa (APBDes) tahun 2023.

Dirinya menyebutkan lahan itu bekerjasama dengan PT Agro Bukit sebagai mitra Desa yang menjadi tonggak acuan pendapatan Desa kedepannya.

Desa
Foto : Pemdes Bagendang Tengah saat menerima bibit dari Camat Bagendang (Kharisma)

“Kita menyambut baik untuk hal ini, dikarenakan lahan 10 Ha ini dapat digunakan masyarakat berkebun dan membuka peluang pekerjaan. Dengan perkembangan di Desa Bagendang Tengah atau terkenal Rambania Manis akan semakin membawa keberkahan dan hasil yang melimpah di kebun kelapa sawit,” ujar Muslih kepada MentayaNet.com pada Senin, 12 Juni 2023.

BACA JUGA :  Kades Natai Nangka Geram Industri di MHU Tutup Telinga pada Limbah

Diketahui hal ini sebagai tujuan landasan agar Desa tumbuh mandiri dan sisa hasil usaha (SHU) sebagai ketahanan pangan desa guna mencadangkan hasil akan dibagikan setiap bulannya perkepala sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) diwilayah tersebut.

Baca Juga :

SDN 2 Ramban Dikerjakan Keroyokan oleh 9 PBS, Camat MHU Angkat Topi !!!

“Wujud dari kepedulian ini nantinya akan diberikan berupa bentuk beras sebagai membantu dalam pangannya sehari-hari,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bagendang Tengah, Untung saat dikonfirmasi MentayaNet.com menerangkan selama proses penggarapan lahan berjalan dengan lancar dan mendapatkan bantuan berupa 1 buah alat berat excavator di setiap Kecamatan yang merupakan Program Pemerintah Daerah dari Bupati Kotim, Halikinnor.

BACA JUGA :  Luar Biasa! Desa Bagendang Hilir Raih Predikat Istimewa Penilaian Desa Anti Korupsi
Desa
Foto : Pemerintah Desa Bagendang Tengah bersama Camat Bagendang (Kharisma)

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang sudah terlibat dalam proses perjalanan pengerjaan lahan yang besar ini. Harapnya kedepannya desa Bagendang Tengah tambah maju dan sukses. Perlahan tapi pasti bersama membangun Rambania Manis,” tuturnya.

Kendati demikian, Ia meminta agar dari lahan 10 Ha ini dapat menambah kas desa sebagai penunjang perkembangan desa yang terus berkesinambungan kedepannya bagi yang tak terakomodir Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Tetap semangat untuk Rambania Manis membangun Desa yang mandiri,” tukasnya.

1135x1600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page