banner 130x650

Minuman Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan, Kok Bisa?

Kecerdasan
Photo : Ilustrasi wanita minum air putih yang bisa meningkatkan kecerdasan otak

Seiring bertambahnya usia, kecerdasan akan terus berkurang. Tetapi, penurunan kecerdasan ini tidak selalu tidak dapat dicegah dan bisa diperlambat dengan melakukan latihan fisik dan mental secara teratur juga menjalani gaya hidup sehat.

Namun, tetap memantau apa yang dimakan pun akan meningkatkan tingkat kecerdasan. Jika kamu mencari sesuatu yang sederhana untuk dibuat dan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kecerdasan otak, maka patut dicoba mengonsumsi beberapa minuman berikut yang dirangkum dari Healthline dan The Daily Meal.

Daftar minuman yang dapat meningkatkan kecerdasan berikut terbuat dari bahan alami dan dikemas dengan nutrisi yang penting untuk kesehatan otak. Rutin mengonsumsi, kamu dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan berpotensi memperlambat penurunan kecerdasan yang diikuti penuaan. 5 minuman sehat yang dapat memperlancar kinerja otak, sebagai berikut :

1. Campuran Jus Buah dan Sayuran

Minuman jus buah dan sayuran ini memiliki banyak manfaat seperti antioksidan dan vitamin C yang dapat meningkatkan fungsi kinerja otak jika rutin dikonsumsi. Daftar buah seperti apel, alpukat, pisang, timun, buah beri dan buah bit dengan sayuran seperti bayam, kangkung, brokoli, wortel memberikan jumlah antioksidan, vitamin, serat dan mineral yang cukup untuk perkembangan otak.

BACA JUGA :  Stres Berhenti Merokok, Ini 7 Cara untuk Mengatasinya

Buah bit, khususnya, memiliki manfaat menarik bagi otak, yakni meningkatkan kemampuan belajar dan pengambilan keputusan. Kamu dapat mencampurkan buah dan sayuran tersebut dengan perasan lemon, yoghurt atau susu untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga :

Mager Mandi Pagi? Ternyata Itu Membawa Dampak Buruk Bagi Kesehatan

2. Kokoa

Senyawa alami flavonol dalam kokoa yang juga biasa ditemukan pada buah dan sayuran ini dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat mengurangi efek negatif jangka panjang pada otak. Selain rasanya yang bersahabat di lidah, rutin mengonsumsi kokoa dapat menurunkan resiko penyakit stroke dan masalah pada kognitif otak.

BACA JUGA :  Buka Puasa Selalu Dengan Kurma, Yuk Simak Manfaat Makan Buah Kurma

3. Teh

Selain kopi, teh pun sudah menjadi minuman akrab untuk dikonsumsi sehari-hari. Peningkatan aktivitas otak dapat diperoleh dengan mengonsumsi teh, salah satunya teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin-3-gallate yang terbukti dalam peningkatan produksi sel otak sekaligus mempertajam daya ingat. Selain itu, kamu juga bisa meminum teh hitam yang di dalamnya mengandung antioksidan untuk mengirimkan reaksi cepat dari otak ke seluruh organ tubuh.

Kecerdasan
Photo : Ilustrasi teh hitam

4. Air Kelapa

Pada dasarnya, semua konsumsi kelapa sangat baik bagi tubuh. Contohnya, air kelapa memiliki kandungan mineral, elektrolit dan vitamin yang mampu mencegah timbulnya gejala kepikunan dini karena lancarnya aliran darah ke otak.

5. Air Putih

Dari sekian banyak minuman yang dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia, air putih menjadi yang terpenting karena 70 persen tubuh kandungannya adalah air. Rajin meminum air putih akan menjaga aliran oksigen pada otak tetap optimal, sehingga kemampuan dalam berpikir jernih pun meningkat.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca