banner 130x650

Spektakuler! Pembukaan Mentaya Bakul Festival Dibuka Dengan Meriah

Mentaya Bakul Festival
Foto : Pembukaan Mentaya Bakul Festival Citimall Sampit (Kha)

Pergelaran Mentaya Bakul Festival Citimall Sampit tahun 2023 kembali dilaksanakan setelah terjeda akibat pandemi lalu. Semarak dan kemeriahan pada pembukaan acara penuh antusias diikuti oleh pengunjung. 

Wakil Bupati Kotim, Irawati mengatakan kegiatan Mentaya Bakul Festival yang diselenggarakan oleh Citimall Sampit selama 12 hari sebagai kegiatan yang memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan UMKM di kabupaten Kotawaringin Timur.

Pemerintah kabupaten Kotawaringin Timur melihat Festival kuliner yang digelar setiap tahun di CitiMall Sampit selalu mendapat sambutan yang baik dari masyarakat serta pelaku UMKM yang ada di kabupaten Kotawaringin Timur.

Mentaya Bakul Festival
Foto : Pembukaan Mentaya Bakul Festival Citimall Sampit (Kharisma)

“Tentunya hal ini bernilai positif dalam rangka menggerakkan perekonomian di kabupaten Kotawaringin Timur. Karena itu saya juga mengajak masyarakat yang akan menyelenggarakan sebuah kegiatan baik itu kegiatan keagamaan budaya olahraga ataupun pameran senantiasa selalu menyertakan pelaku UMKM,”ucap Irawati pada Sabtu, 23 September 2023.

Dirinya menerangkan, kehadiran UMKM masyarakat bisa mengenal produk-produk yang ditawarkan oleh para pelaku UMKM. Sisi lainnya para pelaku UMKM juga bisa berinteraksi dan bertukar informasi kepada para pelaku UMKM lainnya.

BACA JUGA :  Warga Kotim Ditipu Developer Perumahan, Rugi Miliaran Rupiah !!!

“Hampir 1.500 UMKM yang aktif di Kotim hingga di tahun 2023 ini. Alhamdulillah dan mudah-mudahan malam seterusnya ini jadi perputaran perekonomian di kabupaten Kotawaringin Timur. Enggak usah jauh-jauh weekend ke Palangkaraya weekend ke Banjarmasin di sini juga ada, dari pada pulang jatuh sakit,” tuturnya.

Sementara itu, dibidang ekonomi kerakyatan terus berkomitmen untuk memberikan dukungan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM. Hal ini selaras dengan memberikan pelatihan stimulus berupa bantuan modal serta kebijakan dan regulasi yang lebih mudah.

Mentaya Bakul Festival
Foto : Pembukaan Mentaya Bakul Festival Citimall Sampit

“Saya selaku Wakil Bupati Kotawaringin Timur meminta agar ini diberikan ruang seluas-luasnya untuk berkreasi dan mempromosikan produk-produk mereka, sebagai bentuk ekonomi kerakyatan berikan pelatihan bantuan modal serta kebijakan dan revolusi yang mudah bagi UMKM,” tegasnya.

Pemerintah mengapresiasi inisiatif dari panitia penyelenggara dan Citimall Sampit yang menggelar saya Mentaya Bakul Festival tahun 2023 apalagi pada tahun ini mempunyai konsep yang bagus. Kegiatan festival mengusung konsep budaya dapat menghadirkan beragam kuliner.

BACA JUGA :  Ratusan IMO Ikuti Tourgabnas Resmi di Lepas Bupati Kotim

“Sangat luar biasa bisa dikemas nuansa etnik daerah dan diisi acara-acara seni dan budaya,” bebernya.

Dari pantauan MentayaNet.com, pada waktu yang sama Nor Wahyudi, Manager Citimall Sampit menjelaskan kegiatan ini memiliki nilai positif terutama dalam rangka menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni tradisi dan budaya yang ada di kabupaten Kotawaringin Timur. Pentingnya bagi para pelaku seni dan budaya juga harus mengedukasi masyarakat dengan menampilkan karya-karya terbaik.

Mentaya Bakul Festival
Foto : Wakil Bupati Kotim saat membuka acara Mentaya Bakul Festival Citimall Sampit

Sehingga seni dan budaya bukan hanya sekedar tontonan tetapi juga mengandung pesan dan motivasi bagi masyarakat lebih peduli, bangga dan cinta dengan kebudayaan daerah kita sendiri. Nor Wahyudi mengharapkan seni dan budaya di kabupaten Kotawaringin Timur mampu tetap eksis di tengah laju modernisasi dan bisa beradaptasi dengan perubahan zaman.

“Semoga Citimall Sampit semakin maju dan sukses kedepannya,” tukasnya.

Kendati demikian seluruh komponen masyarakat makin aktif dan ikut ambil bagian dalam mengembangkan Kebudayaan dan Pariwisata. Hadirnya agenda ini sebagai bentuk daerah kabupaten Kotawaringin Timur dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat kepada masyarakat. Festival ini sebagai mendapatkan kuliner yang lezat dan sehat, tentunya juga untuk weekend bersama keluarga beserta andalan dan anak-anak.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca