banner 120x600

30 Desa di Kotim Belum Teraliri Listrik, DPRD Dorong Percepatan PLN

Politik
Foto : H Hairis Salamad - Wakil Ketua II DPRD Kotim (Kiri)

Wakil Ketua II DPRD Kotim, Kalimantan Tengah mendorong pemerintah setempat lebih aktif mengupayakan percepatan perluasan listrik PLN menjangkau ke kawasan pelosok setempat.

“Setiap kali kami kunjungan kerja maupun reses, masalah listrik ini selalu disampaikan masyarakat. Listrik salah satu kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi karena juga menyangkut aktivitas lain terutama masyarakat di desa Kotim,” kata Hairis pada Senin, 08 Mei 2023.

Hairis cukup getol memperjuangkan percepatan kelistrikan desa ini karena masih banyak desa di daerah pemilihan yang diwakilinya di wilayah utara yang belum terjangkau listrik PLN.

Kotim
Foto : Bupati Kotim dan Jajaran melakukan peresmian pengaliran listrik di desa simpur dan soren, Kec.Kotabesi waktu lalu (Kharisma)

Wilayah utara meliputi Kecamatan Parenggean, Mentaya Hulu, Telaga Antang, Antang Kalang, Tualan Hulu, dan Bukit Santuai. Wilayah ini berjarak lebih dari 100 kilometer dari pusat Kota Sampit dengan kondisi jalan yang harus dilalui sebagian masih rusak.

BACA JUGA :  DPRD Kotim Catat 3 Poin Dari Daerah Pilihan II, Warga Sebut Hal Ini !

Diperkirakan masih ada lebih dari 30 desa yang belum tersambung listrik PLN. DPRD mengapresiasi komitmen PT PLN dalam upaya percepatan ini.

Ia mengatakan bahwa aktivitas kelistrikan masyarakat cukup terbatas karena mengandalkan daya dari listrik bertenaga surya, sementara warga yang menggunakan listrik dari mesin diesel harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli bahan bakar.

Baca Juga :

Penanggulangan Kebakaran di Kotim Perlu Payung Hukum

Politikus Partai Amanat Nasional ini mengatakan bahwa DPRD sudah pernah berdiskusi dengan PLN di Palangka Raya dan didapat informasi bahwa peluang untuk perluasan jaringan itu terbuka. DPRD siap mendukung upaya-upaya PLN agar bisa mudah melaksanakan itu.

Untuk itu, DPRD mendorong eksekutif untuk berkoordinasi intens dengan PLN. Harapannya agar kendala-kendala yang dihadapi bisa dicarikan solusinya sehingga percepatan perluasan kelistrikan PLN makin cepat untuk menjangkau seluruh wilayah di Kotawaringin Timur.

BACA JUGA :  Diduga Menyimpang, DPRD Kotim Minta Pengelolaan Aset Daerah Teratur
Kotim
Foto : Penanda tanganan oleh Bupati Kotim, H. Halikinnor disaksikan langsung oleh jajaran (Ist)

Informasi didapat, ada beberapa kendala yang masih dihadapi PLN untuk memperluas jangkauan layanan. Selain luas dan rumitnya geografis, PLN juga kabarnya terkendala izin dari perusahaan yang lahannya dilintasi jaringan listrik, padahal sangat dibutuhkan agar jaringan bisa menjangkau hingga ke desa.

“Kita tentu berharap perusahaan yang wilayahnya dilintasi pembangunan jaringan listrik PLN bersedia membantu dengan memberikan izin karena ini demi kepentingan masyarakat luas. Pemerintah daerah juga harus sama-sama membantu PLN agar bisa lebih mudah melaksanakan perluasan jaringan listrik,” demikian Hairis Salamad

1135x1600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

%d blogger menyukai ini: