banner 130x650

985 Kafilah Adu Kemampuan, Kecamatan Mentaya Hilir Utara Berupaya Tampil Optimal

Kafilah
Foto : Kafilah MTQ dari Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU)

Sebanyak 985 kafilah siap adu kemampuan dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 dan Festival Seni Qasidah tingkat kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten, Kecamatan Parenggean mengusung kafilah terbanyak dengan total 105 orang namun tak menargetkan juara.

“Kami mengusung kafilah terbanyak, tetapi tidak mengharapkan juara umum. Yang terpenting sebagai tuan rumah, kegiatan berjalan lancar dan sukses,” ujar Camat Parenggean Siyono kepada MentayaNet.com pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Kafilah
Foto : Pembukaan MTQ ke-54 di Kecamatan Parenggean (Kharisma)

Adapun data kafilah masing-masing kecamatan disampaikan Kecamatan Antang Kalang 50 orang, Mentaya Hulu 45 orang, Baamang 70 orang, Mentaya Hilir Utara 52 orang, Pulau Hanaut 43 orang, Cempaga 52 orang, Telaga Antang 48 orang, dan Cempaga Hulu 50 orang.

Lanjutnya, Kecamatan Seranau 52 orang, Mentawa Baru Ketapang 90 orang, Mentaya Hilir Selatan 70 orang, Kota Besi 45 orang, Teluk Sampit 78 orang, Telawang 50 orang, Tualan Hulu 45 orang, dan Bukit Santuai 40 orang.

BACA JUGA :  Kecamatan MHU Bidik 2 Program Prioritas Anggaran Tahun 2023
Kafilah
Foto : Penampilan Qori’ah terbaik II Internasional, Hj Raudah Noor Supian dari Banjarmasin (Kharisma)

MTQ ke-54 tingkat kabupaten itu digelar sejak 28 Oktober hingga 01 November 2023 mendatang. Beberapa cabang lomba antara lain, cabang Tilawah, Qiraat sab’ah, Hifzhil qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Al-qur’an, Syarhil Qur’an, Khatil Qur’an serta Festival Seni Qasidah, Hadrah dan Rebana.

Sementara itu, Kecamatan Mentaya Hilir Utara mengusung 52 kafilah yang mengikuti berbagai macam cabang lomba pada MTQ ke-54 Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2023.

Kafilah
Foto : Kafilah Kecamatan Mentaya Hilir Utara (Kharisma)

Muslih Camat Mentaya Hilir Utara tetap optimis dan meyakini bahwa kafilah yang mewakili kecamatannya sudah berupaya tampil dengan optimal dan memberikan yang terbaik. Hal ini selaras masih ada beberapa cabang lomba yang belum terisi.

BACA JUGA :  Keren! BUMDes Bersama LKD Mitra MHU Serahkan Ratusan Paket Bahan Pokok

”Kami sangat berterima kasih dan salut kepada peserta perwakilan MHU sudah turut berpartisipasi pada rangkaian MTQ tahun ini. Tentu kami akan mengoreksi dan mengevaluasi, terutama cabang lomba yang belum diisi. InsyaAllah akan disiapkan dan dilengkapi di tahun berikutnya,” ujar Muslih.

Dirinya menerangkan pada tahun ini menghadirkan Duta Bintang Vokalis Qasidah Gambus Dewasa pada lomba Festival Seni Qasidah. Diketahui, Muhammad Taufik Rahman untuk kategori putra dan Annisa Kharisma Suriyady untuk kategori putri.

Kafilah
Photo : Camat Mentaya Hilir Utara berserta Ketua PKK MHU saat bersama perwakilan Bintang Vokalis Qasidah dan Gambus Dewasa Putri MHU (ist)

”Tahun ini Alhamdulillah kuota sepasang kita dapatkan, mudah-murahan tingkat Anak-anak dan Remaja juga akan terpenuhi ke depannya,” bebernya.

Kendati demikian, dirinya berpesan agar seluruh peserta harus tampil dengan optimis dan meyakinkan diri sendiri untuk bisa bertanding dengan maksimal.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca