banner 130x650

Dinkes Kotim Siapkan Posko Selama Lebaran

Dinkes

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur saat ini telah membuka layanan kesehatan gratis di sejumlah posko serta menyiagakan sembilan puskesmas selama memperingati momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran.

“Menyambut persiapan momentum Lebaran, Khususnya juga untuk arus mudik dan balik, kami telah menyiapkan beberapa posko untuk memberikan pelayanan kesehatan, baik bagi petugas posko maupun pemudik,” kata Kadinkes Kotim, Umar Kaderi, 8 April 2024.

Dinkes Kotim juga akan memberikan beberapa pelayanan kesehatan yaitu seperti pemeriksaan tekanan darah, pertolongan pertama korban kecelakaan, dan rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan bila penangananya membutuhkan penanganan medis serius.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Kotim Lakukan Gerakan Bersih-Bersih Pantai Ujung Pandaran

Bahkan pihaknya juga melakukan tes urine kepada sopir untuk memastikan tidak ada sopir yang terindikasi menggunakan narkoba. Pihaknya juga menyiagakan sembilan puskesmas dan rumah sakit yang berada di sekitar jalan lintas kabupaten.

Umar mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah terkait antara lain berlokasi di Terminal Penumpang Pelabuhan Sampit, Terminal Patih Rumbih, Sekitar Jalan Samekto, dan kawasan Pantai Ujung Pandaran.

Adapun untuk sembilan puskesmas yang disiagakan yaitu Puskesmas Baamang 2, Puskesmas Pundu, Puskesmas Pasir Putih, Puskesmas Cempaka Mulia, Puskesmas Kota Besi, Puskesmas Bagendang, Puskesmas Ujung Pandaran, Puskesmas Sebabi dan
Rumah Sakit Pratama Samuda.

BACA JUGA :  Ajak Anak Muda Ambil Contoh Semangat Veteran Rebut Kemerdekaan

“Mengingat tingkat kecelakaan lalu lintas saat momentum arus mudik, balik, maupun hari Lebaran cukup tinggi. Dengan disiagakannya puskesmas yang berlokasi di jalan lintas kabupaten diharapkan memudahkan warga untuk mendapat penanganan medis dengan cepat dan tepat,” ujarnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca