banner 130x650

Irawati Mendukung Penguatan Implementasi Kurilulum Merdeka

irawati

Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur, Irawati mengapresiasi kepada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Mentawa Baru yang menggelar telah Gebyar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai salah satu bentuk implementasi kepada Kurikulum Merdeka.

“Kami tentunya sangat mengapresiasi kepada SDN 3 Mentawa Baru atas kegiatan Gebyar P5 ini yang merupakan salah satu bentuk pengimplementasian Kurikulum Merdeka terhadap peserta didik tahun pelajaran 2023/2024,” kata Wakil Bupati Kotim, Irawati, 10 Juni 2024.

Menurutnya pendidikan merupakan pondasi utama bagi kemajuan bangsa. Sejalan dengan itu, penguatan profil pelajar pancasila adalah upaya strategis dalam mencetak generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara intelektual, serta memiliki karakter kuat yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila.

P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang berbeda dengan pembelajaran program intrakurikuler di dalam kelas.

BACA JUGA :  Wabup Kotim Ingin Sasaran Pembangunan Harus Sinkron Secara Nasional

“Dengan kegiatan P5 ini diharapkan mengoptimalkan kemampuan peserta didik menguatkan karakter pencapaian profil Pancasila, membentuk religius, mandiri, disiplin, kreatif dan berani. Dan membentuk siswa yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki integritas, toleransi, dan semangat gotong royong yang tinggi,” ujarnya.

irawati

Kegiatan Gebyar P5 yang digelar SDN 3 Mentawa Baru Hulu bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya di Kotim. la juga berharap kegiatan ini memberikan manfaat yang besar dan berkelanjutan bagi seluruh peserta didik. Dirinya bekerja keras dan berkomitmen untuk mencetak generasi emas yang akan membawa Kotawaringin Timur, dan Indonesia pada umumnya, menuju masa depan yang lebih gemilang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Muhammad Irfansyah yang juga turut mengapresiasi dan juga mendukung kegiatan Gebyar P5 di SDN 3 Mentawa Baru Hulu yang mengangkat tema generasi emas yang berbudaya.

BACA JUGA :  Asyik! Bupati Kotim Ngopi Bareng Bersama Pengurus dan Anggota PWI

“Kami melihat bahwa melalui kegiatan ini sekolah mendorong anak-anak untuk mengerti tentang kewirausahaan dan gotong royong, ini menjadi pelajaran yang nyata bagi anak-anak. Jadi belajar itu tidak hanya di kelas tapi juga di luar,” ucapnya.

Disdik Kotim tidak pernah mewajibkan sekolah untuk menggelar acara gebyar semacam ini. Untuk penilaian panen belajar, cukup dengan berkelompok dan ditampilkan di kelas. Sehingga, acara Gebyar P5 di SDN 3 Mentawa Baru Hulu ini murni inisiatif pihak sekolah.

Sekolah lain boleh menggelar kegiatan serupa disesuaikan dengan kemampuan dan ide masing-masing tanpa ada paksaan dari Disdik. Terpenting tujuannya sama, yakni untuk meningkatkan kemandirian, gotong royong dan hasil karya yang ditampilkan.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca