banner 130x650

Legislator Apresiasi Pemerintah Daerah Perhatikan Kelompok Tani

Kotim
Foto : H. Abdul Kadir - Sekretaris Komisi IV DPRD Kotim

DPRD Kotim, Kalimantan Tengah mendorong pemerintah daerah terus memperhatikan kelompok tani yang ada di Bumi Habaring Hurung terutama petani karet dan rotan yang semakin melemah.

“Salah satunya dengan program pengadaan bibit karet, rotan hingga tanaman lainnya yang memiliki nilai ekonomis. Hal ini harus menjadi pemerhati utama pemerintah kepada kelompok tani,” kata Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotim Abdul Kadir pada Senin, 24 April 2023.

Menururnya, selain membantu perekonomian masyarakat hal ini juga sekaligus menjadi program penghijauan untuk memperbaiki kerusakan alam yang selama ini terjadi akibat banyaknya pembukaan lahan.

Baca Juga :

Nahkan! Bapemperda DPRD Kotim Sebut Akan Banyak Struktural Perangkat Daerah Akan Berganti

“Pemerintah saya anggap kurang perhatiannya untuk sektor perkebunan karet, rotan dan sejenisnya. Padahal dengan program pengadaan bibit salah satunya menjadi upaya agar masyarakat memanfaatkan lahan,” tegasnya.

BACA JUGA :  Waket I DPRD Kotim Dukung Pemda Gandeng Kajari Tingkatkan PAD

Selain itu ujarnya, juga untuk mempertahankan sisa hutan yang sudah semakin menipis di wilayah Kotim. Pasalnya, dalam sistem budidaya tanaman rotan tidak sembarangan menebang pohon, bahkan menambah jumlah pohon yang ada sebagai wadah untuk tumbuhnya tanaman merambat itu.

BACA JUGA :  DPRD Kotim Sidak Jalan Lingkar Selatan, Proses Perbaikan Dana Seadanya !

“Sehingga rotan merupakan tanaman budidaya ini tidak akan menghilangkan sisa hutan yang ada dan rotan juga punya nilai ekonomis yang akan menambah penghasilan masyarakat,” pungkasnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca