banner 130x650

Perut Buncit Padahal Tidak Hamil, Kok Bisa Ya?

Perut Buncit
Photo : Ilustrasi perut buncit

Perut buncit adalah suatu kondisi yang membuat perut terlihat bengkak dan membesar. Perut buncit tidak hanya akan memengaruhi penampilan Anda, namun juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, apa penyebab perut buncit?

Perut buncit biasanya disebabkan oleh faktor yang paling umum, yaitu obesitas. Obesitas disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih karena kurangnya pembakaran kalori yang dilakukan oleh tubuh.

Anda bisa menyimak penyebab lain dari perut buncit serta cara mengatasinya melalui ulasan berikut ini.

Macam-Macam Penyebab Perut Buncit

Ada beragam penyebab perut buncit, mulai dari hamil, obesitas, gangguan pencernaan, penumpukan cairan, dan lain sebagainya.

1. Obesitas

Gejala umum dari obesitas yaitu adanya penumpukan lemak di perut sehingga mengakibatkan perut terlihat buncit. Penyebab utama obesitas adalah asupan kalori dalam tubuh yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibakar. Obesitas juga bisa dipicu oleh beberapa faktor lain, di antaranya:

  • Jarang berolahraga.
  • Gaya hidup sedentari (sedentary lifestyle), yaitu gaya hidup yang membuat seseorang sangat sedikit melakukan aktivitas fisik.
  • Kebiasaan begadang. Begadang dapat mengakibatkan produksi hormon pengatur rasa lapar, yaitu ghrelin dan leptin menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat membuat tubuh merasa lapar hingga konsumsi makanan menjadi tidak terkontrol.
  • Konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak berlebih.
  • Konsumsi alkohol berlebih. Konsumsi alkohol berlebih juga dapat menurunkan produksi hormon pengatur rasa lapar dan memicu asupan glukosa berlebih yang mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak di perut.
  • Stres berlebih. Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat memengaruhi metabolisme tubuh.
BACA JUGA :  Bisa Meningkatkan Kecerdasan! Ternyata Mendengarkan Musik Bermanfaat Bagi Kesehatan

Perut buncit karena obesitas tidak boleh dibiarkan begitu saja karena berisiko menyebabkan komplikasi lain, seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Kamu Sering Telat Menstruasi dan Tidak Teratur? Ini Penyebabnya

2. Sembelit (Konstipasi)

Gangguan pencernaan berupa sembelit (konstipasi) merupakan penyebab perut buncit berikutnya. Sembelit mengakibatkan feses tertahan di usus besar. Apabila terjadi dalam kurun waktu lama, feses yang tertahan tersebut dapat menimbulkan penumpukan gas berlebih di usus sehingga perut akan terlihat membuncit.

3. Penumpukan Cairan (Asites)

Penumpukan cairan di perut atau dikenal dengan asites dapat mengakibatkan perut terlihat membuncit. Asites merupakan gejala dari beberapa penyakit serius seperti sirosis hati, gagal jantung, dan gagal ginjal. Asites terjadi karena adanya kebocoran cairan ke rongga peritoneal (selaput dinding perut). Perut buncit karena asites perlu mendapatkan tindakan medis yang tepat agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit lain.

BACA JUGA :  10 Tanaman Yang Bisa Ditanam Sendiri dan Bermanfaat untuk Obat-0batan

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus besar dapat mengakibatkan perut kembung dan buncit karena adanya penumpukan gas berlebih di dalam perut. Selain itu, IBS juga akan menimbulkan gejala lain, seperti diare, sembelit, kram perut, mual, dan sering bersendawa atau kentut.

Perut Buncit
Photo : Ilustrasi seseorang yang mengalami obesitas

5. Kanker Lambung

Penyebab perut buncit berikutnya adalah kanker lambung stadium akhir. Pertumbuhan sel kanker stadium akhir yang ganas dan sudah menyebar di sekitar organ lambung akan mengakibatkan perut bagian atas terlihat membengkak dan terasa nyeri ketika ditekan. Kanker lambung stadium akhir juga dapat memperburuk penumpukan cairan di perut atau asites.

6. Intoleransi Makanan Tertentu

Intoleransi makanan tertentu dapat mengakibatkan sistem pencernaan tidak mampu mengolah makanan secara optimal. Hal ini juga membuat organ pencernaan tidak dapat mengeluarkan sisa makanan dengan baik sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan gas di perut. Dampaknya, perut akan terasa begah dan terlihat membuncit.

Cara Mengatasi Perut Buncit

Apabila perut buncit disebabkan oleh suatu penyakit, Anda perlu mengunjungi rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Di sisi lain, perut buncit yang disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih atau obesitas bisa Anda atasi dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

  • Diet atau mengatur pola makan.
  • Mengonsumsi makanan sehat serta memiliki gizi seimbang.
  • Mencukupi waktu tidur minimal 7-9 jam per hari.
  • Berolahraga secara rutin.
  • Berhenti merokok.
  • Menghindari konsumsi alkohol berlebihan.

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca