banner 130x650

BMKG Kalteng : Waspada, Gempa Bumi Susulan di Kotawaringin Timur !

Gempa
Foto : Gempa Bumi 4.7M Sempat Guncang Kota Sampit pukul 01.21 WIB yang sontak menghebohkan

Gempa bumi berkekuatan 4,7 magnitudo mengguncang Sampit, Kalimantan Tengah. Gempa ini dirasakan pada Senin, 30 Oktober 2023 dini hari pukul 01.21 WIB.

Pusat gempa berada di darat, tepatnya di 25 kilometer timur laut dari Sampit. Gempa ini tergolong gempa dangkal karena pusat gempanya berada di kedalaman 13 kilometer.

Gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah. Termasuk di Sampit, Kecamatan Baamang, hingga Kecamatan Mentawa Baru, Ketapang, dengan intensitas MMI (Modified Mercalli Intensity) III.

Dalam skala ini, getaran dirasakan nyata oleh masyarakat dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Evi warga dari Kecamatan Baamang memberikan pernyataan gempa bumi yang sempat terjadi dini hari sempat mengguncang rumah cukup keras. Sehingga beberapa benda seperti bingkai foto terjatuh.

BACA JUGA :  Warga Kotim Ditipu Developer Perumahan, Rugi Miliaran Rupiah !!!

”Posisinya saya lagi tidur, ternyata pas dengar suara kaca pecah saya terbangun. Posisinya masih berguncang dan sempat panik,” ucap Evi kepada MentayaNet.com pada Senin, 30 Oktober 2023.

Sementara itu, Prakirawan BMKG Kalimantan Tengah menyampaikan gempa bumi yang terjadi diprakirakan akan menyusul di beberapa Kabupaten lainnya.

“Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur: Antang Kalang, Bukit Santuai, Telaga Antang,” tulis BMKG Kalteng.

Sementara itu, untuk Kabupaten Katingan: Marikit, Katingan Hulu, Petak Malai, Kabupaten Seruyan: Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Suling Tambun.

BACA JUGA :  Teknik Unik! Dosen STKIP Muhammadiyah Sampit Berikan Bimbingan BTQ Ilmu Tajdid

Dilanjutkan dengan Kabupaten Lamandau: Delang, Belantikan Raya, Batang Kawa dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pkl 03:10 WIB.


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca