banner 130x650

Bupati Kotim Menilai Pulau Hanibung Sesuai Untuk Destinasi Wisata Satwa

Bupati

Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Halikinnor menilai bahwa Pulau Hanibung yang lokasinya berada di sebelah hulu Desa Camba, Kecamatan Kota Besi, sangat tepat jika dijadikan sebagai tempat destinasi wisata satwa.

“Saya menilai Pulai Hanibung ini sangat cocok dijadikan tempat destinasi wisata satwa, karena tempatnya yang dikelilingi oleh sungai dan sangat bagus, karena sangat representatif untuk pengembangan destinasi wisata terutama wisata satwa,” kata Bupati Kotim, Halikinnor, 17 Januari 2023.

Dirinya akan berencana untuk menjadikan Pulau Hanibung sebagai destinasi wisata satwa seperti contohnya yaitu wisata penangkaran buaya, orangutan, bekantan, monyet, jenis burung dan juga beberapa jenis hewan lainnya. Hal tersebut disampaikannya setelah meninjau langsung Pulau Hanibung bersama sejumlah perangkat daerah.

BACA JUGA :  Dinkes Kotim Pantau Perkembangan Covid-19 Pasca Lebaran dan Kotim Bersholawat

Bupati

Peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut wacana pembuatan destinasi wisata baru. Awalnya Halikinnor berencana wisata memberikan makan buaya di habitat aslinya, namun kemudian wacana diperluas dengan membuat taman wisata satwa.

“Menurut informasi pulau tersebut juga sangat luas, yaitu memiliki luas sebesar 260 hektare dan sangat memungkinkan untuk dikembangkan untuk wisata satwa, jadi tidak hanya buaya namun juga ada hewan lainnya,” ucapnya.

Pihaknya juga akan berkerjasama bersama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk dapat mewujudkan wacana tersebut, dan akan menganggarkan secara khusus nantinya, karena pulau tersebut memang cukup luas.

BACA JUGA :  Bupati Kotim : Terkait Lahan Sengketa Desa Pelantaran, Agar Warga Dapat Menjaga Kamtibmas Karena Masih Proses Hukum

Dirinya juga sudah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup untuk mendata hewan dan tumbuhan yang ada di Pulau Hanibung. Selanjutnya akan dibuat rencana induk atau master plan terkait perencanaan untuk pengusulan pulau ini menjadi taman wisata satwa.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca