banner 130x650
TNI  

Danrem 102/PJG Bersama Wakapolda Pimpin Penanaman Mangrove di Ujung Pandaran

Danrem 102
Foto : Danrem 102/PJG bersama Wakapolda, Wakil Bupati Kotim, Ketua DPRD Kotim dan Dandim 1015/Sampit (ist)

Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Bayu Permana bersama Wakapolda Brigjen Pol Agung Budijono Pimpin Penanaman Mangrove di Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotim.

Kegiatan Mangrove di pimpin Danrem 102/PJG Brigjen TNI Bayu Permana, Diikuti Wakapolda Kalteng, Forkopinda Kab.Kotim, Kasi ops korem 102/Pjg, Kasi Pers Korem 102/Pjg, Ketua Persit Koorcab Rem 102 PD XII/TPR beserta Anggota, Ketua Persit Cab XLI Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr beserta anggota, Karo ops Polda kalteng, Karo SDM Polda Kalteng, Ditpolairut polda kalteng, Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, S.I.P, Dandenhub Korem 102/Pjg Letkol chb irwan s. Simbolon, Kasdim 1015/Spt Mayor inf Sudar, Danpos AL, Para Pasi Kodim 1015/Spt, Para Danramil Kodim 1015/SPT, 1 pleton brimob, 1 Pleton Polairut, 1 Pleton Polres, Camat Teluk Sampit, Kepala Desa ujung pandaran, 1 tim BPBD kotim, 1 tim Batamad ujung Pandaran dan Awak media.

BACA JUGA :  Dandim 1015/SPT Apresiasi Pasar Ramadan 1444H di Taman Kota Sampit
Danrem 102
Foto : Penanaman mangrove di pantai Ujung Pandaran (Ist)

“Kegiatan Penanaman Magrove sebanyak 5000 pohon ini secara serentak yang dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke bertujuan agar laut menjadi subur dan terhindar dari abrasi serta menyebarluaskan dan memberi contoh bahwa kita juga mampu melaksanakan penanaman mangrove,” ucap Danrem 102/PJG Brigjen TNI Bayu Permana.

Dirinya menyebutkan penanaman mangrove bertujuan pemulihan ekosistem diharapkan dapat memulihkan atau memperbaiki kualitas serta mempertahankan hutan mangrove, kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologi, dan ekonomis.

Baca Juga :

Dandim 1015/Sampit Pimpin Sidang Jabatan Bintara dan Tamtama Triwulan II Ta 2023

Sementara itu, Dandim 1015/Sampit Letkol Inf Abdul Hamid,S.I.P menambahkan jika hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat.

BACA JUGA :  Kodim 1015/Sampit Terima Kunjungan Tim Wasrik Current Audit TA 2023

“Manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam, Kalau tidak dimulai dari sekarang maka akan membuat masa depan ekosistem terganggu,” tegas Dandim.

Danrem 102
Foto : Ketua Persit KCK turut bersemai menanam mangrove (ist)

Oleh sebab itu, Dandim 1015/Sampit Letkol Inf Abdul Hamid,S.I.P jelaskan penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah intrusi air laut kedaratan, erosi, dan abrasi pantai.

Kendati demikian, guna pelestarian mangrove agar berupaya menjaga keberlangsungan ekosistem laut. Selain itu dengan adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya bencana saat ada gelombang pasang air laut.


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca