banner 130x650

DPRD Kotim Minta Segera Bangun Depo Sampah di Kawasan Lingkar Selatan

Apoteker
Photo : SP Lumban Gaol - Anggota Komisi II DPRD Kotim

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Sihol Parningotan Lumban Gaol menyampaikan harus ada solusi terkait tumpukan sampah di pinggir Jalan Moh Hatta lingkar selatan Sampit Kabupaten Kotim.

“DPRD harapkan dinas terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup Kotim agar bisa sesegera mungkin menyiapkan depo sampah di sekitar komplek-komplek permukiman, agar masyarakat mencari depo sampah tidak jauh,” ujar Gaol pada Kamis 2 Februari 2023.

Baca Juga : 

DPRD Kotim Sebut Tiga Sektor ini Memiliki Pontensi Luar Biasa

Gaol mengatakan karena semakin banyaknya jumlah penduduk terutama sekitar kawasan lingkar selatan dan Jendral Sudirman Sampit maka perlu diimbangi dengan fasilitas depo sampah yang cukup menampung sampah rumah tangga.

BACA JUGA :  DPRD Kotim : Masyarakat Punya Kebebasan Memilih, Tapi Harus Jadi Pemilih Yang Bijak

“‘Hal ini supaya ada keselarasan antara aturan pemberlakuan sanksi adat bagi pembuang sampah secara sembarangan dengan ketersediaan fasilitas depo sampah yang harus disiapkan oleh pemerintah daerah,” pungkasnya.

Sampah kembali menumpuk di jalan Moh Hatta atau jalan Lingkar Kecamatan MB Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Sampah yang menumpuk ini tidak jauh dari Bundaran Balanga.

dprd
Photo : Ilustrasi sampah yang menumpuk

Perkara Sampah di Sampit seakan tak pernah usai, padahal Kecamatan MB Ketapang sudah menerapkan sanksi adat bagi pelaku yang membuang sampah sembarangan. Sepanjang jalan Jenderal Sudirman memang belum tersedia depo. Walaupun beberapa tempat yang sebelumnya yang dijadikan tempat pembuang sampah sebagian besarnya sudah bersih.

BACA JUGA :  Legislator Apresiasi Pemerintah Daerah Perhatikan Kelompok Tani

Diketahui sebelumnya Camat Mentawa Baru Ketapang, Eddy Hidayat telah meresmikan hukum adat bagi pelaku yang membuang sampah sembarangan akhir tahun 2023 di wilayahnya.


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Penulis: AndriEditor: Joe
1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca