banner 130x650

Gelar Pelatihan Jurnalistik, Meriahkan HUT ke-31 PWI Kotim

Lomba menulis berita feature dan pelatihan jurnalistik

Jurnalistik
Foto : Peserta Jurnalistik di PWI Kotim (Kharisma)

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik dan lomba menulis berita feature dalam rangka HUT ke-31 PWI Kotim tahun 2023.

Kegiatan pelatihan jurnalistik digelar pada Senin, 21 Agustus 2023 dan lomba menulis feature dimulai 22-28 Agustus 2023 dengan mengusung tema “Jurnalis Beretika, Jurnalis Merdeka”.

Ketua PWI Kabupaten Kotim, Siti Fauziah menyebutkan pelatihan jurnalistik dari PWI Kotim bermula secara internal sebagai sarana memfasilitasi wartawan dari media yang telah terjun di lapangan.

Jurnalistik
Foto : Pelatihan Jurnalistik di PWI Kotim (Ist)

“Pelatihan ini sebagai dasar untuk wartawan. pentingnya memegang kode etik jurnalistik, etika dalam liputan kepada narasumber,” ucap Siti Fauziah pada Senin, 21 Agustus 2023.

Dirinya menjelaskan fungsi dari marwah PWI juga sebagai organisasi yang meningkatkan profesionalitas wartawan dan memfasilitasi uji kompetensi wartawan. Maka dengan kemerdekaan menyatakan pendapat dan berserikat. Terwujudnya kemerdekaan Pers Nasional yang profesional, bermartabat, dan beradab.

Baca Juga : 

Ajak Anak Muda Ambil Contoh Semangat Veteran Rebut Kemerdekaan

“Terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat, dan benar. Terwujudnya tugas pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik juga sangat diperlukan,” tuturnya.

BACA JUGA :  Tenaga Kontrak Tidak Lulus Seleksi Jangan Risau,  Masih Ada Seleksi Tahap Kedua

Sebanyak 48 peserta dari media lokal dan nasional ikut tergabung pada pelatihan jurnalistik tersebut. Banyaknya antusias dari peserta membuat suasana ruangan kian bergemuruh.

Jurnalistik
Foto : Hj Iswanti, Wakil Bupati Kabupaten Seruyan menyempatkan diri hadir ke PWI Kotim (Kharisma)

Salah satu peserta pelatihan jurnalistik, Miftahul Ilma dari Kalteng Pos turut senang dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menerangkan, pelatihan ini harus terus digalakkan untuk wartawan yang baru bergelut dan belum memahami kode etik jurnalistik semestinya.

“Saya minta agar kedepannya PWI Kotim bisa mengadakan pelatihan yang berfokus masing-masing bidang. Semakin banyaknya bibit baru, maka ini menjadi PR pula. Tidak semuanya dapat mengerti, jadi agenda ini cukup memberi impact kepada peserta pelatihan,” ucap Miftah.

Baca Juga :

Kecamatan Teluk Sampit Sukses Kuasai Panggung Pawai Pembangunan, Bentangkan 78M Bendera Merah Putih

Dari tinjauan MentayaNet.com, rangkaian kegiatan ini turut dihadiri oleh Hj Iswanti, Wakil Bupati Seruyan yang menyempatkan saat menuju  Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan. Apresiasi dan rasa dukungannya kepada PWI Kotim yang terus memberikan berita yang aktual, fakta dan konkrit dari Narasumber.

BACA JUGA :  Kacau! Sopir Mobil Box Hantam Truk CPO di Sampit
Jurnalistik
Foto : Penyampaian materi feature kepada peserta pelatihan jurnalistik (Kharisma)

“Selamat ulang tahun ke-31 PWI Kotim. Semoga senantiasa melahirkan bibit wartawan yang unggul dalam berkarya,” ucap Hj Iswanti.

Kendati demikian, ia mengharapkan agar PWI Kabupaten Kotim dapat memberikan kontribusi untuk daerah. Selain memberikan dampak positif, karya yang inovatif juga sebagai cara membangun kemajuan wartawan.


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca