banner 130x650

Kadis DLH Seruyan Perkuat Kebersihan Lingkungan Bersama Desa Tabiku Seruyan Raya

Seruyan

Melalui Dana Apresiasi Tahun 2023 sebesar 130jt, Pemerintahan Desa Tabiku Kecamatan Seruyan Raya menguatkan program ketahanan pangan, kebersihan lingkungan dan membelanjakan perlengkapan satgas linmas serta untuk penanggulangan karhutla.

Dalam sambutannya, Pj Kepala Desa Tabiku Zainal Arifin menjelaskan, dengan dana apresiasi pihaknya berinisiatif menjalankan program dengan menyiapkan tong sampah sebanyak 60 buah, 1 unit Motor Tossa, 1 unit Hand Traktor mini dan beberapa item untuk mendukung program kebersihan lingkungan, penanggulangan karhutlan dan perlengkapan satgas linmas.

“Sebanyak 60 buah tong sampah akan dibagi ke masing-masing 3 RT dengan cara pembagian 2 rumah 1 tong sampah. Adapun alat-alat pertanian untuk menunjang program ketahanan pangan diserahkan kepada 1 kelompok tani,” ucapnya kepada MentayaNet.com pada Selasa, 12 Desember 2023.

BACA JUGA :  Luar Biasa! Bupati Seruyan Yulhaidir Upayakan BPJS UHC Seluruh Warga Bumi Gawi Hatantiring

Seruyan

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Seruyan Muhammad Mukhlis dalam sambutannya menyampaikan, kedepan dari Dinas Lingkungan Hidup akan berkoordinasi dengan para camat agar bisa mencari lahan untuk disiapkan sebagai Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPS).

“Alhamdulillah untuk Desa Tabiku tidak diminta tapi sudah memiapkan TPA. Ini sangat luar biasa sekali, sepengetahuan saya di Kabupaten Seruyan hanya satu desa ini yang sudah melakukan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, nantinya akan terus melakukan sosialisasi bagaimana tata kelola sampah kedepannya agar tertata lebih baik.

BACA JUGA :  7 Pj Kepala Desa dan 2 PAW Anggota BPD di Seruyan Resmi Dilantik

“Nanti setelah kita laksanakan terdapat kekurangan akan kita lengkapi. Semoga Desa Tabiku menjadi contoh untuk pengelolaan sampah nantinya,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini Mukhlis juga mengajak masyarakat agar semua sepakat bahwa sampah telah menjadi masalah bersama. Serta harapannya melalui bantuan Tong Sampah masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik sekaligus dapat menjaga sarana prasarana ini sesuai dengan peruntukannya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca