banner 130x650
DPR RI  

Kilang Dumai Meledak! Terjadi Masalah Sistematik, Begini Tanggapan Komisi VII DPR RI

Kilang
Photo : Kilang Minyak Pertamina Dumai terbakar

Kilang Minyak Pertamina Dumai diberitakan meledak dan terbakar di Pekanbaru, Riau pada Sabtu malam, 1 April 2023. Padahal penanganan Depo Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Plumpang, Jakarta Utara akibat terbakar pada 3 Maret 2023 belum sepenuhnya tuntas.

Kilang Minyak Pertamina Dumai adalah pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia.

Pimpinan Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno, mendesak Pertamina segera audit keselamatan di semua kilangnya, di seluruh Indonesia.

“Berarti ada masalah sistemik pada operasional Pertamina, dan mendesak dibenahi. Kejadian terus berulang di berbagai tempat,” ucapnya.

Baca Juga :

Depo Pertamina Plumpang Terbakar Hebat, Warga Panik dan Menimbulkan Korban Jiwa  

“Pertamina harus audit investigasi dan keselamatan secepatnya. Bukan hanya pada Plumpang dan Dumai, tapi seluruh kilang dan Depo di seluruh Indonesia,” tambahnya.

BACA JUGA :  Fadli Zon Kunjungi Vatikan Bertemu Paus Fransiskus

Sekjen DPP PAN itu juga meminta Pertamina tidak berdalih soal ledakan dan kebakaran di Dumai yang diklaim cepat teratasi.

Penyebab pasti ledakan dan kebakaran kilang minyak Pertamina Dumai masih dalam proses penyelidikan. Namun Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina RU Dumai, Agustiawan, mengatakan kejadian kebakaran di area gas compressor.

Baca Juga :

Luar Biasa! Tim Gabungan Reserse Narkoba Polda Riau dan Polres Bengkalis Ungkap Peredaran Sabu 40 Kg

Kebakaran berhasil ditangani pada Sabtu, 1 April 2023 sekitar pukul 22.54. Eddy sangat bersyukur api dapat dipadamkan.

BACA JUGA :  Keren! Agustiar Sabran Jalin Silaturahmi Bersama KWOD dan Warga Dusmala

Namun ia bingung kenapa bisa terjadi ledakan. Ia ingin menemukan penyebabnya agar tak terjadi pada kilang dan Depo lainnya.

Dia juga meminta Pertamina bertanggungjawab atas korban luka yang dibawa ke rumah sakit dan warga sekitar Kilang Dumai yang terdampak.

“Harus tanggung jawab penuh atas korban luka dan rumah warga yang rusak, serta plafon masjid yang runtuh akibat ledakan itu. Sekali lagi, pastikan tidak ada kejadian serupa terulang,” pungkasnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca