banner 130x650
1000x500

Luar Biasa! Pemkab Kotim Sediakan Pesawat Carter Guna Embarkasi Jamaah Haji

Kotim
Foto : Bupati Kotim - H Halikinnor

Pemerintah Kabupaten Kotim, Kalimantan Tengah telah memutuskan menyewa pesawat guna membantu antar jemput jamaah calon haji menuju dan dari Embarkasi Syamsudin Noor di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Halikinnor, Bupati Kotim menyebutkan pada tahun ini JCH asal Kotawaringin Timur yang akan berangkat ke Tanah Suci sebanyak 191 orang. Sebagian dari mereka berusia lanjut yang memerlukan pengawasan dan pendampingan karena berisiko dari segi kesehatan.

“Pelepasan jamaah calon haji kita pada tanggal 1 Juni 2023. Pemerintah daerah telah menetapkan akan mencarterkan (menyewakan) pesawat untuk berangkat ke embarkasi maupun balik ke Sampit lagi,” kata Bupati Halikinnor kepada MentayaNet.com pada Senin, 29 Mei 2023.

Baca Juga :

Kirab Setahun Jelang Pemilu, Pemkab Kotim Dukung Kolaborasi Sosialisasi Tahapan Pemilihan

Alasan kesehatan menjadi pertimbangan sehingga pemerintah daerah mengalokasikan anggaran menyewa pesawat untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah dari Embarkasi Syamsudin Noor.

BACA JUGA :  Pemkab Kotim Nyatakan Inflasi Masih Tergolong Stabil

Dari pantauan MentayaNet.com, kebijakan ini diambil pemerintahan di bawah kepemimpinan Halikinnor sejak musim haji tahun lalu, meski saat itu pemerintah daerah hanya menyewa pesawat untuk kepulangan jamaah.

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengalokasikan anggaran secara khusus untuk menyewa pesawat sehingga JCH tidak perlu menempuh perjalanan darat menuju embarkasi karena sudah disiapkan menggunakan pesawat.

Baca Juga :

Pemkab Kotim Lakukan Komitmen Sekolah Penggerak Targetkan Capaian Kualitas Pendidikan

“Selama ini menggunakan bus menuju embarkasi menempuh perjalanan selama delapan sampai sepuluh jam. Kasihan jamaah kita, apalagi yang sudah lansia. Mereka kelelahan, padahal harus selalu dalam kondisi fit agar bisa menjalankan rangkaian ibadah haji. Makanya kita sewa pesawat sehingga mereka tidak perlu lagi menempuh jalan darat,” tegasnya.

BACA JUGA :  Meriah! Upacara HUT Kotim Diramaikan Dengan Tari Kolosal

Kendati demikian ia mengharapkan dari pemberangkatan dan kepulangan jamaah dari Kotawaringin Timur berjalan aman dan lancar. Dia mengimbau seluruh jamaah menjaga kesehatan agar bisa menjalankan setiap tahapan ibadah haji.

“Semoga bisa menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan menjadi haji yang mabrur. Jaga kesehatan dan jaga kebersamaan sehingga semua bisa selalu dalam kondisi yang baik. Jangan ragu minta bantuan petugas kalau ada kendala,” demikian Halikinnor.

1135x1600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page