banner 130x650

Pemkab Kotim Memperkuat SP4N-LAPOR! Untuk Menjaga Kualitas Pelayanan

Pemkab Kotim

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pelatihan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) untuk menjaga kualitas pelayanan ke masyarakat, pada Kamis 6 Juni 2024.

“SPAN-LAPOR! adalah aplikasi dari pemerintah pusat yang harus kita terapkan. Di Kotim sebenarnya ini sudah lama berjalan, jadi kegiatan hari ini hanya sekadar penguatan agar layanan kita tetap optimal,” kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kotim, Muhammad Saleh, Jum’at 7 Juni 2024.

Pemerintah pusat menetapkan SP4N-LAPOR! sebagai aplikasi umum bidang pengelolaan pengaduan pelayanan publik pada 27 Oktober 2020. SP4N-LAPOR! merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik.

BACA JUGA :  Bupati Kotim Tindak Tegas OPD Galakkan P4GN Setiap Perangkat Daerah

“Jadi SP4N-LAPOR! ini untuk menampung pengaduan yang masuk ke OPD teknis kemudian dikomunikasikan dengan Diskominfo selaku pengguna SPBE, kita berusaha memindahkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang ada di Kotim,” tuturnya.

Pemkab Kotim

Dirinya mengatakan penerapan SP4N-LAPOR di Kotim sebenarnya sudah berlangsung lama, namun karena adanya mutasi atau pergeseran pegawai sehingga dirasa perlu untuk digelar pelatihan kembali terhadap pegawai atau admin yang mengelola aplikasi tersebut.

Saleh juga berharap bahwa dengan dilakukannya pelatihan ini diharapkan bisa sebagai penyegaran atau juga penguatan dalam pengelolaan SPAN-LAPOR! di masing-masing OPD agar tujuan dan fungsi sistem tersebut tetap berjalan dengan baik.

BACA JUGA :  Bupati Kotim Menyerahkan Bantuan Bibit Lengkeng Kepada Kelompok Tani Desa Buana Mustika

SP4N-LAPOR! juga merupakan salah satu indikator penilaian yang diakui pusat dalam pelayanan publik pemerintah. Oleh sebab itu, Pemkab Kotim terus berupaya dalam mensosialisasikan SP4N-LAPOR! baik di lingkup OPD maupun masyarakat, dengan harapan keluhan, aspirasi atau pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik dapat diselesaikan dengan baik.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca