banner 120x600

SDM Kotim Belum Optimal, Legislator Harapkan Pemda Atur Program Strategis

hujan
Photo : Sanidin - Ketua Komisi III DPRD Kotim

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur mendorong upaya pengembangan SDM khususnya di daerah ini secara berkelanjutan. Sehingga diharapkan setiap program strategis daerah kedepannya bisa berjalan lebih optimal.

Sanidin, Ketua Komisi III DPRD Kotim menyebutkan dengan mengupayakan sumber daya manusia (SDM) di wilayah kotim merupakan modal utama dalam peningkatan daerah. Dengan dorongan pemerintah daerah akan memudahkan semua masyarakat yang terutama memiliki modal kemampuan kompetensi.

“Artinya, dengan peningkatan SDM terutama lokal, itu nanti bisa diberdayakan. Misal, mulai dari sekolah ditingkatkan kemampuannya, setelah lulus dimatangkan lagi melalui balai pelatihan, ketika mereka siap, bisa dipekerjakan pada program strategis pemerintah,” ujar Sanidin pada Selasa, 12 September 2022.

Baca Juga : Komisi I DPRD Kotim Harap Pemuda Perkuat Pelestarian Budaya Daerah

Menurut legislator Partai Gerindra ini, untuk memaksimalkan pengembangan SDM tersebut, memerlukan strategi atau langkah konkret kerjasama antara pemerintah daerah dan lembaga satuan pendidikan maupun pihak balai pelatihan.

dprd
Photo : Ilustrasi dari SDM

Selain itu diharapkan satuan pendidikan maupun balai pelatihan juga dapat mengajarkan pengetahuan kepada siswa atau masyarakat, tentang keahlian atau kompetensi yang dibutuhkan, baik secara teori maupun praktik.

Kemudian, pemerintah daerah juga diharapkan supaya dapat memberikan bantuan berupa fasilitas maupun sarana dan prasarana pendukung, baik untuk sekolah maupun balai pelatihan yang ada.

“Dengan perkembangan zaman saat ini, misalnyamasyarakat bisa diajarkan agribisnis tanaman dengan kompetensi keahlian agribisnis tanaman pangan dan hortikultura atau teknologi maupun digitalisasi,” tutupnya.

banner 120x600
banner 120x600

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.