banner 130x650

Wabup Kotim Melepas 184 Kontingen Menuju Festival Budaya Isen Mulang

Wabup

Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur, Irawati telah melepas 184 Kontingen Kotim mengikuti 17 cabang lomba Festival Budaya Isen Mulang Tingkat Provinsi Kalimantan. 

Tengah 2024. Festival Budaya tersebut untuk memeriahkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya yang akan digelar 17-23 Mei 2024.

“Kami apresiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim dan seluruh panitia yang telah menyiapkan Kontingen festival budaya Isen Mulang yang akan berkompetisi di Palangka Raya,” kata Wakil Bupati Kotim, Irawati, 17 Mei 2024.

Kontingen akan mengikuti 17 dari 19 cabang lomba yang dipertandingkan di Festival Budaya Isen Mulang. Adapun 17 cabang yang diikuti yaitu pawai budaya, mangenta, malamang, panginan sungkup simpan, sepak sawut, balogo, habayang, jukung tradisional.

BACA JUGA :  Loket Khusus Untuk Desa di Disdukcapil Permudah Pelayanan Bagi Masyarakat

Wabup

Kemudian besei kambe, manyipet, lawang sakepeng, mangaruhi, karungut, jagau dan bawi nyai pariwisata, maneweng, manetek tuntang manyila kayu, tari pesisir, dan tari pedalaman. Sementara dua cabang lomba Festival budaya Isen Mulang yang tidak diikuti adalah Perahu Hias dan Paduan Suara Lagu Daerah.

Dirinya ingin panitia dapat memperhatikan kebutuhan para peserta selama kegiatan baik yang terkait tenaga kesehatan, penginapan, makanan, minuman, snack serta tempat mereka latihan. Hal itu untuk memberi motivasi serta semangat kepada peserta untuk tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan serta saling mendukung dalam tim.

“Saya berpesan kepada para panitia agar dapat memperhatikan kesehatan dan juga kebutuhan para peserta kita yang berada disana. Kalian juga telah terpilih sebagai duta Kotim pada kegiatan festival budaya Isen Mulang tahun 2024 ini maka harus tekun dan terus berlatih agar mampu meraih prestasi terbaik,” ucapnya.

BACA JUGA :  KSOP Sampit Menyamar Jadi Penumpang Kapal, Temukan Calo Jual Harga Tiket Capai 1.5 Juta !

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim, Bima Eka Wardhana mengatakan Sebanyak 184 kontingen Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengikuti 17 cabang lomba festival budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya.

“Kita telah mengirimkan sebanyak 184 orang dengan rincian panitia inti 8 orang, pelatih koordinator pendamping sebanyak 16 orang dan peserta atau atlet lomba sebanyak 160 orang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim Bima Eka Wardhana.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca