banner 120x600

Waket Komisi III DPRD Kotim Minta Tingkatkan Pelayanan Puskesmas

dprd kotim
Photo : Ketua Fraksi PAN DPRD Kotim - Dadang Siswanto

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotim menyoroti pelayanan kesehatan di puskesmas yang menurutnya masih harus ditingkatkan dan di perbaiki beberapa sarana dan prasarana.

Dadang Siswanto, Wakil Ketua III DPRD Kotim menyebutkan masih banyak beberapa puskesmas di wilayah kotim yang belum memberikan pelayanan yang optimal. Dirinya mendapatkan informasi beberapa peralatan yang belum memadai di puskesmas tersebut.

“Kami tetap menyoroti kinerja dalam hal pelayanan. Tentu ini juga berdasarkan keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat kepada kami, serta pantauan ketika kami turun ke lapangan,” kata Dadang pada Sabtu, 17 September 2022.

dprd kotim
Photo : Ilustrasi dari Puskesmas Pembantu yang tidak layak huni

Menurutnya, kondisi gedung dan peralatan kesehatan di puskesmas tentu sangat tergantung ketersediaan anggaran, tetapi terkait pelayanan ini lebih pada etos kerja dokter dan tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat.

“Saya menilai, tenaga medis dan tenaga kesehatan diharapkan menjalankan sumpah dan janji profesinya dalam melayani masyarakat secara ikhlas. Mereka juga wajib memberikan pelayanan terbaik di tengah risiko kelelahan dan lainnya” ujar Dadang.

Baca Juga : Sektor Pajak Sarang Burung Walet Bisa Menjadi Alternatif Meningkatkan PAD Kotim

Politisi Partai Amanat Nasional ini juga mengatakan seringnya muncul keluhan masyarakat terkait petugas di rumah sakit maupun puskesmas yang kurang ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, disiplin tenaga medis dan tenaga kesehatan juga harus ditingkatkan. Jangan sampai masyarakat kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan, terlebih bagi mereka yang tinggal di perdesaan.

“Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama harus menjadi yang terdepan dalam melayani masyarakat. Perannya juga sangat penting dalam memberikan pertolongan pertama menyelamatkan masyarakat. Peningkatan pelayanan ini juga sangat penting dalam rangka menuju menuju pelayanan yang paripurna,” tutupnya.

Dirinya mengatakan peningkatan tidak hanya terhadap bangunan fisik dan peralatan saja tetapi juga etos kerja tenaga medis dan tenaga kesehatan, Tenaga kesehatan dan dokter harus memberikan pelayanan yang ramah. Mereka juga harus selalu berada di tempat, terutama pada saat jam operasional.

banner 120x600
banner 120x600

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.