banner 130x650
1000x500

Yuk Simak! Ini Tips Untuk Mencegah Kanker Kulit

Kulit
Photo : Ilustrasi kanker kulit

Kanker kulit adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali di kulit. Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum dialami oleh orang-orang.

Ketika proses pergantian sel kulit yang lama dengan sel yang baru tidak berjalan normal, terjadi pertumbuhan sel yang cepat hingga menumpuk. Bila tidak segera ditangani, kanker kulit akan berdampak cukup parah hingga menyebabkan kematian.

Jenis jenis kanker kulit

Dikutip dari EverydayHealth, berikut kanker yang umum dialami:

1. Karsinoma sel basal

Jenis kanker kulit ini bermula di sel basal kulit yang ditemukan di lapisan terluat kulit atau epidermis. Karsinoma sel basal biasanya berkembang pada area yang terpapar sinar matahari seperti leher, wajah, telinga, dan tangan.

Penyakit ini biasanya tumbuh lambat dan tidak menyebar ke area lain di tubuh. Namun, bila tidak segera ditangani, kanker jenis ini dapat berkembang lebih dalam dan menembus saraf serta tulang. Kanker jenis ini biasanya terlihat seperti benjolan seperti mutiara yang berwarna sama dengan kulit, atau bercak yang berwarna merah muda. Selain itu, kanker ini akan berdarah yang kemudian sembuh dan kembali lagi menjadi kanker.

Baca Juga :

Sarapan Pagi Penting Ga Sih Bagi Kesehatan? Yuk Simak!

2. Karsinoma sel skuamosa

Kanker ini dimulai pada sel-sel pipih di bagian luar epidermis yang biasanya muncul di area yang terpapar sinar matahari seperti telinga, leher, wajah, dan tangan.

BACA JUGA :  Bisa Meningkatkan Kecerdasan! Ternyata Mendengarkan Musik Bermanfaat Bagi Kesehatan

Jenis kanker ini dapat berkembang pada bekas luka atau luka kronis. Selain itu, karsinoma sel skuamosa juga dapat berkembang dari bitnik-bintik kulit. Kanker kulit ini berupa benjolan merah yang keras, bersisik, dan berkerak. Selain itu, luka yang dihasilkan akan sembuh dan kemudian terbuka kembali.

3. Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling serius, karena cenderung mudah menyebar. Kanker kulit ini dimulai di melanosit, sel yang berada di epidermis yang menghasilkan pigmen.

Melanoma dapat terbentuk di mana saja, termasuk pada kulit yang tidak terpapar sinar matahari seperti punggung, perut, dan paha. Melanoma akan terbentuk bintik besar tidak teratur yang berwarna kecoklatan. Selain itu, kanker ini akan menghasilkan rasa terbakar atau gatal yang luar biasa.

4. Karsinoma sel merkel

Kanker jenis ini bermula dari sel merkel yang ada di kulit mulai tumbuh di luar kendali. Biasanya, karsinoma sel merkel tumbuh dengan cepat dan sulit diobati jika menyebar.

BACA JUGA :  Stres Berhenti Merokok, Ini 7 Cara untuk Mengatasinya

Kanker kulit ini dapat menjangkit di mana saja di tubuh, tetapi biasanya di area yang sering terpapar matahari seperti wajah, leher, dan lengan. Karsinoma sel merkel biasanya terlihat seperti benjolan berwarna merah muda, merah, atau ungu yang keras. Terkadang, bisa terbuka sebagai bisul atau luka.

Baca Juga :

Menakjubkan! Ternyata Berdiri Memiliki Berbagai Manfaat Bagi Kesehatan

Penyebab Kanker Kulit

Dilansir dari ClevelandClinic, berikut faktor yang menyebabkan seseorang terkena kanker kulit:

  • Menghabiskan banyak waktu dalam berkegiatan di bawah sinar matahari karena memaparkan radiasi sinar ultraviolet (UV) yang buruk bagi kulit.
  • Faktor keturunan yang dibawa oleh genetik.
  • Minum obat yang menekan atau melemahkan sistem imun.
  • Pernah menjalani transplantasi organ.
  • Sering menggunakan tanning bed.
  • Melakukan terapi sinar UV dalam perawatan kondisi kulit lainnya seperti eksim atau psoriasis.

Cara mencegah kanker kulit

Dilansir dari MayoClinic, berikut cara mencegah agar tidak terkena kanker kulit:

  • Hindari terkena paparan sinar matahari lebih dari 12 jam.
  • Gunakan tabir surya, tabir surya berguna untuk menyaring radiasi sinar UV dari paparan sinar matahari.
  • Gunakan pakaian pelindung yang menutupi sebagian besar kulit. Hal itu berguna untuk mencegah kulit terkena paparan sinar UV secara langsung.
  • Gunakan kacamata hitam, barang ini berguna untuk melindungi mata dari radiasi UV.
  • Hindari tanning bed atau terapi sinar UV, dua hal itu dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit.
1135x1600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page