banner 130x650

Fraksi Nasdem DPRD Kotim, Sarankan Buka Perpustakan Berbasis Digital

nasdem

Fraksi Partai Nasdem DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Syahbana meminta dan mendorong agar dikembangkan perpustakaan berbasis digital di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pasalnya, perkembangan teknologi semakin pesat dan anak-anak muda hampir semua menggunakan smartphone (Handphone) yang canggih, maka wajar jika ada perpustakaan yang berbasis digital.

Menurut Ketua Fraksi Nasdem, Syahbana selain untuk kemudahan mengakses juga tidak memakan ruang  secara konvensional.

“Di era kemajuan teknologi sekarang ini, kiranya sangat perlu agar Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk melakukan Perpustakaan yang berbasis online,” katanya, Senin,  23 Mei 2022.

Dengan menggunakan smartpohone yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan mudah diakses oleh masyarakat dan kalau  hal ini  dapat  dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur maka akan meningkatkan minat masyarakat terhadap Perpustaskaan itu sendiri.

BACA JUGA :  DPRD Kotim Catat 3 Poin Dari Daerah Pilihan II, Warga Sebut Hal Ini !

“ Dengan Smartphone akan muda diakses perpustakaan berbasis digital,” jelasnya.

Menurutnya, Perpustakaan bisa diartikan sebagai sebuah ruangan, bagian sebuah Gedung ataupun Gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual.

Perpustakaan bisa juga diartikan sebagai tempat menyimpan hasil suatu pemikiran manusia yang hasilnya akan dituangkan kedalam suatu bahan Pustaka baik berupa bentuk cetak maupun non cetak ataupun dalam bentuk elektronik (digital).

Baca Juga : Jalan Ki Hajar Dewantara Makin Rusak, Mahasiswa Jadi Korban!

Sehingga kata dia perpustakaan bisa juga dikatakan sebagai suatu unit kerja yang substansinya merupakan sumber informasi yang setiap saat informasinya dapat dibagikan kepada perpustakaan.

BACA JUGA :  Komisi I dan III DPRD Kotim Kunker ke BPBD Katingan

Sebagaimana  diketahui bersama, kata Syahbana  bahwa  Perpustakaan merupakan jantungnya dunia Pendidikan, karena Perpustakaan adalah tempat dimana berbagai macam informasi dapat ditemukan.

“ Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis, secara langsung maupun tidak langsung dapat membantu masyarakat untuk berwawasan luas, berpikir konstruktif, cerdas dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan produktivitas, tanggap dalam kemajuan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik,” pungkasnya.


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca