banner 130x650

Luar Biasa! Kelurahan Ketapang Kec.MB Ketapang Masuk 3 Besar Lomba Kancah Nasional

Kelurahan
Foto : Bupati Kotim, H Halikinnor saat memberikan penghargaan kepada Kelurahan Ketapang, Kec. MB Ketapang secara simbolis (Ist)

Kelurahan Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotim berhasil masuk dalam tiga lomba kelurahan tingkat Nasional regional 3. Berdasarkan pengumuman dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa disampaikan jika Kelurahan Ketapang menjadi calon juara lomba desa dan kelurahan tingkat regional tahun 2023.

Bupati Kotim, H Halikinnor mengapresiasi tim dari kelurahan ketapang dan juga Kecamatan Mentawa Baru Ketapang serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kotim, yang telah berjuang agar Kelurahan tersebut masuk dalam 3 besar.

“Saya berharap Kelurahan Ketapang dapat menjadi juara pertama untuk lomba Kelurahan tingkat nasional tahun 2023 ini. Kalau Kotim berhasil menang maka mengalahkan Kelurahan di Provinsi Kalimantan Timur dan juga Provinsi Sulawesi Selatan,” ucap H Halikinnor pada Senin, 07 Agustus 2023.

Baca Juga :

Peringatan Hari Anak Nasional Kotim 2023 Dibalut Suasana Ceria

Ia mengharapkan tim dari Kelurahan Ketapang nantinya dapat menyiapkan diri kembali untuk penilaian tahap selanjutnya. Hal ini selaras untuk memilih posisi juara pertama kedua dan ketiga.

BACA JUGA :  Penonton PORPROV Membludak, Dispora Tegaskan Tak Ada Pungutan Parkir di Gedung Olahraga

“Besar harapannya saya agar Kelurahan Ketapang dapat keluar sebagai juara lomba Kelurahan tingkat nasional regional 3 tahun 2023,” tambahnya.

Dilanjutkannya Kelurahan Ketapang memiliki keunggulan-keunggulan dari Kelurahan lain yang ada, salah satunya, yaitu Kelurahan Ketapang ini mempunyai inovasi dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga :

Sambut Masa Purna Tugas Sebagai ASN, Ini Pesan Mantan Kadis Disbudpar Kotim

Kemudian dikaitkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dimana masyarakat disarankan membeli produk UMKM Kelurahan pada saat diberikan pelayanan karena pelayanan yang diberikan semua gratis dan swadaya masyarakat dalam pembangunan dan kemasyarakatan di Kelurahan.

BACA JUGA :  Cabor Pencak Silat Kotim, Juara Umum Pencak Silat Pada Porprov XII Kalteng

Terutama terkait penanganan sampah yaitu dengan membentuk tim penanganan sampah swadaya dan adanya sanksi hukum adat bagi pembuang sampah sembarangan. Selain hal tersebut di Kelurahan ini juga terdapat potensi pertanian hortikultura yang sangat besar.

“Untuk keunggulan-keunggulan tersebut dapat digali oleh tim penilai sehingga dapat memberdayakan dengan kelurahan-kelurahan lain yang juga mengikuti lomba kelurahan tingkat regional,” terangnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca