banner 130x650

BPBD Seruyan Serahkan Peralatan Pemadam Kebakaran

Seruyan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seruyan, Kalimantan Tengah memberikan hibah peralatan pemadam kebakaran (damkar) untuk dua desa.

Bantuan ini sebagai salah satu upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang masih kerap terjadi di beberapa titik wilayab Kabupaten Seruyan.

Kepala BPBD Seruyan, Agung Sulistiyono menyampaikan, penyerahan bantuan tersebut berupa mobil pemadam kebakaran berukuran kecil dan alat pelindung diri masing-masing 1 unit kendaran untuk Desa Sembuluh II dan Desa Lampasa.

“Dengan adanya mobil tersebut agar dapat membantu relawan mempermudah dalam proses pemadaman ketika terjadinya bencana Karhutla,” kata Agung Sulistiyono.

BACA JUGA :  Pemkab Seruyan Ikuti Penyerahan DIPA Oleh Gubernur Kalteng

Menurutnya, bantuan juga dilengkapi dengan alat perlindungan diri untuk personel masyarakat peduli api (MPA) dan sekaligus langsung mendapatkan pelatihan tata cara penggunaannya agar lebih efektif dan efesien ketika melaksanakan tugas di lapangan nantinya.

“Selain penyerahan bantuan peralatan damkar, kami juga tentu memberikan pelatihan secara langsung kepada MPA di 2 desa hingga mereka mahir mengoperasikannya,” terangnya.

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Seruyan Djainuddin Noor yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Seruyan Muhammad Mukhlis menyebutkan, diserahkannya 2 unit mobil jenis pikap untuk pemadaman api tersebut agar dapat mempermudah mobilisasi hingga bisa melalui jalanan yang kecil sekali pun.

BACA JUGA :  Pj Bupati Djainu'ddin Resmi Melepas Rombongan Kafilah MTQH Seruyan

“Jenis mobil pemadam ini sengaja dipilih karena untuk mempermudah akses jalan kecil dan rumah yang berdekatan. Semoga bantuan dapat dipergunakan dengan baik,” pungkasnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca