banner 130x650

Bupati Kotim Resmi Lepas 104 Peserta Festival Budaya Isen Mulang Kontingen Kotim

H Halikinnor sangat mengapresiasi atas segala persiapan dan cabang lomba yang diikuti terpenuhi

Pemerintah
Foto : 104 Kontingen Kotim siap ikuti Festival Budaya Isen Mulang 2023 (Kharisma)

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotim kembali berlaga mengikuti agenda Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) di Ibu Kota PalangkaRaya, yang dimulai sejak tanggal 21 – 27 Mei 2023.

Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur, H Halikinnor telah secara resmi melepas seluruh peserta FBIM kontingen Kabupaten Kotim di Rumah Jabatan Bupati Kotim pada Minggu, 21 Mei 2023 pukul 08.30 WIB untuk mengikuti berbagai macam jenis cabang lomba budaya tersebut.

“Jaga dan ingat lah semboyan yang sering kita dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, dan selamat atas yang terpilih mewakili Bumi Habaring Hurung,” ujar Bupati Halikinnor kepada MentayaNet.com pada Minggu, 21 Mei 2023.

Ia sangat mengapresiasi atas persiapan dan mental yang dibentuk sangat matang. Dari berbagai kalangan usia yang mengikuti kegiatan FBIM ini diharapkan menjadi salah satu langkah dan batu loncatan pengembangan budaya dan pelestarian daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Baca Juga :

Sah! Ramadansyah Resmi Jadi Rektor Universitas Muhammadiyah Sampit

Dari tinjauan MentayaNet.com dirinya berpesan agar seluruh kontingen selalu menjaga kebersamaan dan saling menguatkan. Skill antara kabupaten/kota tetap sama, tetapi mental pemenang harus dibulatkan.

BACA JUGA :  Viral! Pengobatan Paman Dakai ala Ida Dayak Akan Hadir di Sampit

“Pentingnya menjaga kesehatan dan perilaku untuk seluruh peserta, hal ini selaras peserta membawa nama baik kabupaten,” tambahnya.

Kotim
Foto : Bupati Kotim memberikan apresiasi kepada putri kecil yang tampil epik di depan umum (Kharisma)

Diketahui, Pada tahun sebelumnya Pemerintah Kabupaten menganggarkan sebesar Rp129 Juta untuk Festival Budaya Isen Mulang yang dikarenakan terhambat pandemi covid -19. Pada tahun 2023, Bupati Kotim tak tanggung-tanggung menggelontorkan biaya sebesar Rp479 Juta untuk kegiatan FBIM ajang bergengsi tersebut.

“Anggaran yang digunakan dalam kegiatan ini bersumber dari APBD Kabupaten Kotim melalui SKPD tahun 2023, untuk bonus pemenang akan berbeda lagi,” tegas Halikinnor.

Baca Juga :

Duta Pariwisata Kotim Siap Berlaga di Jagau Bawi Nyai Kalteng 2022 !

Sementara itu, laporan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Hj Elena Rosie menerangkan bahwa kegiatan FBIM sebagai menyemarakkan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke – 66.

BACA JUGA :  Halikinnor Ingin Pilkada Nanti Berlangsung Secara Jujur dan Adil

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten yang betul-betul mewadahi dan memfasilitasi kami, harapannya kita menjadi juara umum ditahun ini,” ujar Hj Elena Rosie.

Kotim
Foto : Putra dan Puteri Pariwisata Kotim yang akan berlaga di FBIM Kalteng 2023 (Kharisma)

Sebanyak 104 peserta dan didampingi oleh tim Dinas Pariwisata Kabupaten Kotim yang akan mengikuti 12 cabang perlombaan di tingkat provinsi, dan bertanding antar 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalimantan Tengah.

Kendati demikian, dirinya juga meminta doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat di Bumi Habaring Hurung agar semua peserta senantiasa sehat dan mendapatkan hasil terbaik nantinya.

“Semua kemenangan ada di tangan peserta, maka harapnya berikan yang seoptimal mungkin,” pungkasnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca