banner 130x650

Bupati Madina Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila ke-78

madina

Bupati Mandailing Natal (Madina) Sukhairi memimpin upacara peringatan hari lahir pancasila ke-78 tahun di pelataran parkir Masjid Agung Nur Ala Nur, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut, Kamis , 1 Juni 2023.

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur Forkopimda, para staf ahli, kepala OPD lingkungan Pemkab Madina.

Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution dalam pidatonya menyampaiakan, hari lahirnya Pancasila tepat pada tanggal 1 Juni 1945 di mana genap 78 tahun lamanya. Setelah adanya deklarasi hasil rapat BPUPKI menyatakan bahwa Pancasila ditetapkan sebagai dasar dari filosofi atau bisa dikatakan sebagai dasar filosofi bagi bangsa Indonesia.

“Selama bertahun-tahun dan berabad-abad berjalannya perjuangan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia. Pancasila yang kemudian dijadikan sebagai salah satu ujian dan dinamika dalam era sejarah sistem politik nasional di berbagai lintas era pemerintahan,” kata Sukhairi.

Baca Juga :

Wabup Madina Takjub Akan Persatuan Organisasi Muhammadiyah

Pada tahun 1998 memasuki era reformasi dengan rasa penuh sukacita, namun di sisi lain ada orang-orang yang berjuang dengan seluruh tenaga daya dan upaya hingga fajar menjemput dalam rangka ikut dalam gelombang demokrasi untuk mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

BACA JUGA :  Insan Pers Madina Selenggarakan Kegiatan Bagi Takjil dan Disalurkan Ke Rumah Tahfiz

“Hal yang paling mendasar yang terjadi di tahun itu adalah terjadinya ketimpangan dan penyelewengan nilai-nilai dari Pancasila pada akhirnya menyebabkan kesenjangan perpecahan perpecahan hingga kekacauan yang kemudian berakhir dengan begitu banyaknya huru hara di mana-mana,” katanya.

BACA JUGA :  Bupati Madina Sidak Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran

Pada peringatan hari lahir Pancasila ini, Bupati mengajak secara bersama-sama membangun jiwa semangat 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, undang-undang dasar 1945 NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan kebangsaan dan bernegara titik agar cita-cita pembangunan yang kita harapkan dapat berdaya guna dan berhasil untuk kesejahteraan masyarakat Madina khususnya Indonesia secara keseluruhan.

“Melalui kesempatan ini kami atas nama Pemda mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mensukseskan pelaksanaan Pilkada Pemilu dan Pilkada serentak secara damai, aman dan lancar serta terhindar dari gangguan-gangguan keamanan,” kata Sukhairi. (SN)

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca