banner 130x650

Megah dan Berkelas, MTQ ke-54 Kabupaten Kotawaringin Timur Resmi Dibuka

Mtq
Foto : Megah dan Berkelas, MTQ ke-54 Kabupaten Kotawaringin Timur Resmi Dibuka (kharisma)

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur ke – 54 di Desa Parenggean, Kecamatan Parenggean tahun 2023 secara resmi dibuka pada Sabtu,28 Oktober 2023. Ditandai dengan tabuhan rebana oleh Bupati Kotim H Halikinnor, ratusan kafilah dari 17 Kecamatan siap berkompetisi pada event tahunan tersebut.

MTQ kali ini bertempat di halaman Stadion Antang Tualan sebagai lahan yang baru selesai digarap oleh perusahaan sekitar agar menjadi tempat lapang dengan seluas 3,5 hektare.

H Halikinnor menyebutkan pembukaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten berlangsung spektakuler dengan berbagai atraksi serta dihadiri ribuan undangan dari berbagai kalangan. Hal ini membuat lapangan Antang Tualan seperti lautan manusia dilengkapi dengan bazar dan Expo Parenggean.

Mtq
Foto : Kafilah Kecamatan Mentaya Hilir Utara (Kharisma)

Dari tinjauan MentayaNet.com, penampilan tari kolosal sebanyak 616 pelajar di Kecamatan Parenggean berhasil menghipnotis penonton. Diawali oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Hj Raudah dari Banjarmasin sebagai terbaik 2 Qoriah Internasional di Kuala Lumpur, Malaysia pada Agustus 2023 lalu.

BACA JUGA :  HUT ke-56 SMKN 1, Wabup Kotim Berpesan Kepada Pelajar Untuk Lebih Kreatif dan Berkembang

“Berturut-turut berbagai seniman dan pengisi acara menampilkan performa memukau yang membuat pembukaan MTQ semakin terasa megah dengan dilengkapi tata cahaya ciamik dari tiga set panggung yang berdiri di sisi selatan lapangan Antang Tualan itu,” ucap H Halikinnor pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

MTQ
Foto : Sambutan Bupati Kotawaringin Timur (Kharisma)

Malam itu Pemerintah Daerah Kabupaten Kotim menyuguhkan konsep pembukaan yang menjadi perpaduan antar generasi. Tarian kolosal serta penampilan grup musik gambus dari El-Khadijah dari Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya, dirinya menjelaskan Kecamatan Parenggean mempunyai tantangan baru untuk mempersiapkan kegiatan pelaksanaan venue MTQ ke-54 tahun ini. Pada dasarnya, lokasi tersebut berawal dari kubangan tanah yang hasil kerukan dari perusahaan sekitar.

Pelaksanaan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Kotim bersumber dana APBD Kotawaringin Timur tahun 2023. Disisi itu, sumbangan masyarakat setempat dan perusahaan yang membantu.

Adapun Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang telah membantu dalam melaksanakan pemerataan lapangan dan sumbangsih seperti PT SSP, PT Makin Grup, PT Katingan Indah Utama, PT Sawitmas Indonesia, PT TAST, PT Hutanindo lestari, PT Billy dan PT IBB.

BACA JUGA :  Halikinnor Salurkan Bantuan Pangan dan Perbaikan Jalan di Bukit Santuai
MTQ
Foto : Penampilan tari kolosal di MTQ Kecamatan Parenggean (Kharisma)

“Kami Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sangat berterima kasih dalam penyelenggaraan MTQ ke-54 di Parenggean. Saya sangat meyakini lokasi ini juga bisa dijadikan sebagai tempat MTQ Provinsi jika nanti diberikan kepercayaan. Selain itu, diharapkan bisa jadi wadah penyelenggaraan pelaksanaan puncak HUT Kabupaten Kotawaringin Timur,” bebernya.

Berturut turut kemudian MC memanggil satu persatu nama kecamatan hingga puncaknya, gemuruh sorak sorai penonton terdengar semakin riuh tatkala, pembukaan ditandai dengan kembang api menjadi penutup pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an.

Ratusan kafilah ini akan memperebutkan piala kejuaraan. Terbaik 1 akan menjadi perwakilan Kabupaten Kotawaringin Timur pada MTQ Provinsi Kalimantan Tengah. 

MTQ
Foto : Tarian Kolosal (Kharisma)

Diketahui, selain dibantu oleh koperasi mitra perusahaan setempat, pelaksanaan MTQ ke-54 Desa Parenggean turut dibantu oleh PT Telekomunikasi Parenggean dan PLN yang memberikan bantuan penerangan jalan umum (PJU) sepanjang 500 meter dari arena utama.

BACA JUGA :  Bupati Kotim Menyerahkan Bantuan Bibit Lengkeng Kepada Kelompok Tani Desa Buana Mustika

“Semoga rangkaian MTQ ini diberkahi oleh Allah SWT, diberikan kelancaran untuk mengikuti semua rangkaian perlombaan. Semoga sukses dan mencapai hasil yang maksimal,” tukasnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca