banner 120x600

Pemkab Seruyan Gelar Rapat Akhir Pelaksanaan Reforma Agraria 2022

Seruyan
Photo : Sekretaris Kabupaten Seruyan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan menggelar agenda rapat akhir pelaksanaan agraria Kabupaten Seruyan tahun 2022.

Drs.H. Djainuddin Noor, M.A.P selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan membuka secara resmi Rapat Akhir Pelaksanaan Agraria Kabupaten Seruyan Tahun 2022.

Dalam sambutannya, rapat koordinasi ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari peraturan Presiden Republik Indonesia No.86 tahun 2018 tentang Reforma Agraria.

Seruyan
Photo : Pemkab Seruyan gelar rakor pelaksanaan reforma agraria tahun 2022

“Sebagaimana kita ketahui pada hakikatnya, reforma agraria berhubungan dengan penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset dan penataan akses,” ucap Sekda Seruyan pada Selasa, 22 November 2022.

Dirinya menjelaskan bahwa Reforma Agraria merupakan penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, serta pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset, dan disertai dengan penataan akses untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Baca Juga :

Ketua DAD Kalteng dan Bupati Seruyan Buka Portal Sementara PT Tapian Nadenggan Sinar Mas Group

Menurutnya, reforma agraria merupakan salah satu cita-cita pemerintah sebagaimana yang terdapat dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN 2020-2024). Pelaksana Reforma Agraria perlu ditangani dengan seoptimal mungkin oleh pemerintah pusat dan daerah.

Adapun tujuan pelaksanaan reforma agraria adalah :

  1. Mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan;
  2. Menangani sengketa dan konflikagraria;
  3. Memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi;
  4. Menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan;
  5. Menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agraria melalui pengaturan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah;
  6. Meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan dan memperbaiki serta menjaga kualitas lingkungan hidup.

Baca Juga :

Gubernur Instruksikan Bupati Seruyan Cabut Izin PT Tapian Nadenggan, Jika Tidak Ada Kesepakatan !!!

Pada waktu yang sama melalui rapat akhir pelaksanaan reforma agraria ini, Sekretaris Daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah yang tergabung dalam gugus tugas reforma agraria Kabupaten Seruyan.

Hal ini selaras dengan konsultan perorangan sehingga kegiatan reforma agraria Kabupaten Seruyan tahun 2022 dapat berjalan lancar.

Seruyan
Photo : Jajaran yang mengikuti rapat bersama Pemkab Seruyan

Karena itu diperlukan keterlibatan seluruh sumber daya secara optimal dalam rangka mendukung tercapainya tujuan Reforma Agraria, yaitu terselenggaranya penataan Aset disertai penataan Aset.

Kendati demikian ia berharap sinergitas gugus tugas reforma agraria selalu ada sehingga dapat mewujudkan tujuan penyelenggaraan reforma agraria, baik melalui penataan aset maupun penataan akses sehingga kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan.

“Pelaksana penataan akses memerlukan dukungan banyak pihak,” tandasnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *