banner 130x650

Disdik Seruyan Gencarkan Transisi PAUD ke SD Menyenangkan

Seruyan
Foto : Rusdi Hidayat, Kadisdik Seruyan

Kepala Dinas Pendidikan, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah mengungkapkan dukungannya terhadap gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan menarik.

Rusdi Hidayat, Kepala Dinas Pendidikan Seruyan menyebutkan masa PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai waktu bagi anak-anak untuk bermain, bahagia, dan ceria, sehingga pembelajaran haruslah disajikan dalam suasana yang tidak memberatkan.

Ia menyampaikan saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan telah menyampaikan surat edaran tentang Penguatan Transisi Pendidikan anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal.

“Dalam penerimaan peserta didik baru pada tingkat SD, tidak diterapkan tes kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, atau bentuk tes lainnya,” kata Rusdi Hidayat pada Jum’at, 15 Maret 2024.

BACA JUGA :  Pemkab Seruyan Mengimbau Pelaku Usaha Untuk Tidak Naikan Harga Sembako

Menurutnya Program Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan inisiatif bersama yang bertujuan untuk memfasilitasi transisi peserta didik dari tingkat PAUD ke tingkat SD/MI/sederajat dengan cara yang menyenangkan.

Seruyan
Foto : Ilustrasi PAUD ke SD Menyenangkan

Dari informasi yang dihimpun, Program ini akan dimulai sejak tahun ajaran baru dan memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan untuk membangun pondasi berpikir dan bersosialisasi secara holistik.

“Kemampuan fondasi berpikir dan bersosialisasi adalah hak setiap anak. Kami ingin memastikan bahwa anak-anak memperoleh kemampuan fondasi yang meliputi aspek kognitif, emosional, sosial, dan kemandirian,” tambah Rusdi Hidayat.

BACA JUGA :  DLHK Seruyan Dinilai Belum Miliki Laboratorium Lingkungan

Kendati demikian ia mengharapkan pembangunan kemampuan literasi dan numerasi dapat dilakukan secara bertahap, dimulai dari tingkat PAUD ke SD, dengan pendekatan yang menyenangkan bagi anak-anak.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca