banner 130x650

Keren! Pemkab Seruyan Dapatkan Bantuan Ternak Kambing Peranakan Etawa

Ternak
Foto : Pengecekan kualitas kambing yang diberikan oleh Pemprov Kalteng melalui TPHP Kalimantan Tengah (ist)

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti menyerahkan bantuan ternak kambing peranakan etawa (PE) pada kelompok tani ternak di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Pemberian ternak kambing itu turut didampingi Kadis TPHP yakni Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Muhajirin Akbar, dan Pengawas Bibit Ternak Ahli Madya Togar Saur Parulian pada Jum’at, 10 November 2023 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis TPHP menyampaikan bahwa Kabupaten Seruyan pada tahun Anggaran 2023, mendapat bantuan ternak sebanyak 100 ekor, yang terdiri dari 10 ekor jantan dan 90 ekor betina.

Tenak kambing PE tersebut akan disebar pada enam kelompok tani ternak di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Bibit merupakan salah satu faktor yang menentukan dan mempunyai nilai strategis dalam upaya pengembangan ternak ruminansia, diantaranya kambing.

Hal tersebut terkait dengan peningkatan populasi dan produktivitas ternak ruminansia, khususnya kambing dalam penyediaan daging dan produk lainnya.

”Untuk memenuhi ketersediaan bibit tersebut, perlu dilakukan pembibitan ternak ruminansia dalam suatu wilayah berbasis sumber daya lokal dan melalui pemberdayaan kelompok,” jelasnya.

BACA JUGA :  25 Hotspot Muncul di Kabupaten Seruyan, Masyarakat Diminta Waspada !

Lebih lanjut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat mendukung pengembangan peternakan secara luas, dimana tujuan pengembangan ternak yaitu meningkatkan populasi ternak di lokasi atau wilayah.

Kambing
Foto : Pengecekan kualitas kambing yang diberikan oleh Pemprov Kalteng melalui TPHP Kalimantan Tengah (ist)
Ternak
Foto : Pemberian hewan ternak kambing satwa

Ditambah dengan menyediakan sumber bahan pangan nabati, meningkatkan jumlah rumah tangga peternak, memanfaatkan dan mengembangkan sumber daya genetik ternak lokal dan/atau persilangan.

“Ternak yang diterima oleh para kelompok tani ternak yang ada di Kabupaten Seruyan dapat dikembangkan secara benar-benar dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak (pelaku), dengan harapan ke depannya Kabupaten Seruyan menjadi penghasil ternak kambing,” bebernya.

Selain itu, Ketua Kelompok Tani beserta jajarannya diharuskan benar-benar bertanggung jawab pada ternak kambing PE yang diterima dan bisa bekerja sama dengan semua anggota kelompok untuk memelihara ternak kambing yang diterima tersebut, dipelihara secara koloni, dan selalu berkonsultasi dengan petugas peternakan yang ada di lapangan jika terjadi sesuatu penyakit atau hal lainnya.

BACA JUGA :  PJ Bupati Inpeksi Dadakan Aktivitas Mall Pelayanan Publik Seruyan

“Saya berharap kelompok tani penerima bantuan tahun ini bisa menjadi “virus positif” untuk kelompok tani ternak lain yang akan mengembangkan peternakan kambing dalam aktivitas kesehariannya, sebagai upaya pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Seruyan,” ujar Sunarti.

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Muhajirin Akbar mengatakan bahwa ternak kambing yang disebarkan tersebut merupakan jenis kambing yang bisa beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Seruyan.

“Ternak Kambing PE yang diterima oleh kelompok tani ternak tersebut dalam kondisi sehat, tidak cacat dan sesuai dengan spesifikasi yang ada di kontrak atau surat perjanjian kerja dengan pihak ketiga, serta layak untuk disebar dan diterima oleh Kelompok Tani Ternak. Para calon penerima bantuan ternak tersebut sudah dilakukan survey Calon Petani/Calon Lokasi (CP/CL) dan Verifikasi oleh Tim dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Prov.Kalteng,” tandasnya.


Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca