banner 130x650

Samakan Persepsi Jelang Pilkada, Pemkab Seruyan Ikuti Rakor Mendagri

Seruyan
Foto : Rakor bersama Mendagri

Penjabat (Pj) Bupati Seruyan, Djainuddin Noor mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) secara daring di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

PJ Bupati Seruyan, Djainuddin Noor menyebutkan rakor tersebut membahas isu-isu strategis Pilkada dan Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Pemda) yang dipimpin Penjabat (Pj) kepada daerah.

Rakor yang juga diikuti Pj Bupati/Walikota se-Kalimantan Tengah. Sementara Pj Bupati Seruyan didampingi Pj Sekretaris Daerah (Sekda) dr. Bahrun Abbas, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Agus Suharto.

Mendagri Titok Karnavian dalam paparannya mengatakan, tujuan dari Pemilu dan Pilkada serentak adalah untuk sinkronisasi program pemerintah pusat dan daerah. Pasalnya, terjadi ketidaksinkronan pemerintahan baik secara vertikal maupun horizontal.

BACA JUGA :  Pj Bupati Seruyan Harapkan OPD Dukung Kelancaran Pemeriksaan LKPD oleh BPK
Seruyan
Foto : Rakor bersama Mendagri

“Kita mengharapkan dengan rapat koordinasi ini menjadi langkah strategis dalam persiapan mendatang,” ucap Djainuddin Noor.

Dilaksanakannya Pilkada serentak di seluruh Indonesia agar terjadi paralel masa pemerintahan tingkat pusat (Presiden) dengan pemerintah Provinsi (Gubernur dan DPRD Provinsi) dan dengan pemerintahan kabupaten/ kota (Bupati/Walikota, DPRD kabupaten/kota).

Pada kesempatan ini, Mendagri terus mengingatkan agar penjabat kepala kaerah tidak memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan politik.

BACA JUGA :  Pemkab Seruyan Rencanakan BUMD Penadahan Beras Petani Lokal

“Kemendagri melakukan evaluasi pelaksanaan tugas penjabat kepala daerah secara rutin dan berkala, laksanakan amanah dan tugas dengan baik, Penjabat bupati harus memiliki kinerja yang lebih baik, penjabat kepala daerah harus dapat menjadi rol model bagi para kepala daerah hasil Pilkada serentak  tahun 2024,” tukasnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca