banner 130x650

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotim Minta Pemkab Kotim Tangani Sampah Bertebaran

DPRD
Photo : Sampah yang berserakan di wilayah Sampit

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Agus Seruyantara menyarankan kepada Pemkab Kotim, terutama Bupati Kotim Halikinnor untuk melek terhadap sampah yang banyak bertebaran hampir di seluruh kawasan Kota Sampit.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotim memantau banyak sekali sampah di berbagai wilayah, mulai dari sampah plastik es hingga minuman kemasan seperti bekas aqua gelas dan lain sebagainya.

Ia sarankan kepada kepala daerah supaya mengerakkan Dinas Teknis untuk bekerja maksimal, dan juga memerintah RT/RW di Kota Sampit supaya gotong royong membersihkan lingkungannya masing-masing.

Baca Juga :Ketua DPRD Kotim Rinie Inginkan Realisasi Pembangunan Meningkat

“Sebab, dari pengamatan saya pribadi jika saat ini berharap kepada petugas kebersihan, mereka akan kewalahan. Apalagi sampah-sampah itu di pinggiran jalan hingga di gang-gang di permukiman warga,” ungakapnya pada Rabu, 15 Maret 2023.

BACA JUGA :  Dongrak Perekonomian, ASN Kotim Disarankan Belanja Produk Lokal
DPRD
Photo : Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotim

Agus juga mengaku sudah lama mengamati hal itu. Bahkan, adanya pengumuman bahwa akan ada sanksi adat bagi yang membuang sampah sembarangan, ternyata tidak membuat para pelaku takut.

Baca Juga :

DPRD Kotim Dorong Pemerintah Tetap Laksanakan Pilkades 2023

Dia menegaskan, bahwa sangat sulit untuk memergoki seseorang yang membuang sampah sembarangan, mungkin dengan cara menggerakkan warga untuk menciptakan budaya gotong royong, kondisi itu akan teratasi dengan sendirinya.

BACA JUGA :  Sekwan Lakukan Serah Terima Jabatan Di Ruang Paripurna DPRD Kotim

Dengan adanya gotong-royong, lingkungan akan menjadi bersih. Bahkan masyarakat enggan membuang sampah sembarangan karena tidak ingin merusak lingkungan yang sangat asri.

“Saya berharap kepada masyarakat supaya sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan, sebab lingkungan yang bersih akan menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari penyakit, serta udara yang dihirup juga terasa bersih,” tutupnya.

1135x1600

You cannot copy content of this page

Eksplorasi konten lain dari MentayaNet

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca