banner 120x600

Akhirnya! PBS di Kotim Siap Kontribusi Proyek Perbaikan Jalan Lingkar Selatan

dprd kotim
Photo : Bupati Kotim lakukan inspeksi di lokasi jalan Lingkar Selatan beberapa lalu

Perusahaan Besar Swasta berada di wilayah Kotim telah sepakat berkontribusi dalam perbaikan Jalan Lingkar Selatan atau Mohammad Hatta.

Penawaran meminta bantuan ini sempat mengalami hambatan, karena ada beberapa dari perusahaan besar swasta (PBS) menolak untuk membantu perbaikan Jalan Lingkar Selatan yang sudah mengalami kerusakan sangat lama di Kotim.

“Menyampaikan info pihak PBS akhirnya sepakat berkontribusi perbaikan Jalan Lingkar Selatan,” ucap Asisten II Sekretariat Daerah (Sekda) Kotim, Alang Arianto pada Rabu, 03 Agustus 2022.

Kotim
Photo : Inilah beberapa Container/Transportir dari angkutan berat yang beroperasi melintasi jalan dalam kota sampit

Dirinya menerangkan, perbaikan jalan ini atas keterbukaan bersama pada rapat sebelumnya. Hal ini selaras dengan pengguna angkutan berat kerap melintasi jalan didalam kota Sampit, yang dapat mengganggu pengguna jalan lainnya. Demi kelancaran dan kehadiran PBS tetap ada, maka Pemerintah daerah bekerja sama dalam proyek perbaikan ruas jalan di lingkar selatan itu.

Baca Juga : Seru !!! Tokoh Politik Senior, Bergabung Untuk Membesarkan PKS Kotim

Diketahui sebanyak 54 Perusahaan Besar Swasta (PBS) kini bersepakat berkontribusi perbaikan jalan lingkar selatan atau dikenal Jalan Mohammad hatta. Pasalnya jika tidak ada kesepakatan dari mereka pada hari ini juga, Pemerintah Kabupaten Kotim dengan tegas akan menutup jalan kota, apapun alasannya.

Sementara itu, konsorsium perbaikan jalan itu bertujuan agar Jalan Lingkar Selatan dapat kembali dilalui oleh kendaraan angkutan berat atau transportir.

Kotim
Photo : Bupati Kotim dan Jajaran DPRD Kotim pantau lokasi jalan Lingkar Selatan

Along mengaku sampai saat ini jalan lingkar selatan terpantau rusak kian parah. Maka dari itu, membuat kendaraan angkutan berat melintas jalan dalam kota, yang umumnya digunakan khusus masyarakat dalam kota.

“Kami mau dalam 3 hari kedepan dana dari PBS sudah masuk dan dapat digunakan untuk perbaikan jalan itu. Kalo dananya sudah tersedia minggu depan sudah ada bergerak di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga : Nahkan! Bupati Kotim Akan Tutup Akses Jalan Masuk Kendaaran Berat

Disisi itu guna melakukan perbaikan jalan lingkar selatan memerlukan anggaran sebesar Rp4.710.717.600,-. Berdasarkan perhitungan dari Dinas PUPR Kotim sesuai dengan kebutuhan yaitu agregat kelas B yang diperlukan sebanyak 5.922 m³ jumlah anggaran yang dikeluarkan yaitu Rp4.253.772.600,- batu ukuran 3/5 dan 2/3 yaitu 743 m³ estimasi anggaran sebesar Rp456.945.000,- rupiah.

Kotim
Photo : Salah satu kasus truk bermuatan besar yang melintasi jalan di dalam kota

Kendati demikian, anggaran dari setiap PBS dan Pengusaha Jasa Angkutan diminta menyumbangkan anggaran sekitar Rp67 juta yang berupa material pembangunan. Sementara Pemerintah Daerah Kotim akan menyediakan alat berat beserta pekerjaannya.

“Jika pihak perusahaan menyepakati itu maka penangan darurat Jalan Lingkar Selatan dapat segera dilakukan. Sehingga Jalan tersebut dapat fungsional sebagaimana mestinya,” pungkasnya.

banner 120x600
banner 120x600

Respon (7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.